Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, stres sering kali dikaitkan dengan penyebab berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, stres juga sering kali menjadi perusak penampilan. Namun, stres juga membawa pengaruh baik, ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat metabolisme dan memproduksi energi dengan cepat. Tapi ketika dua hormon tersebut diproduksi berlebihan, akan memicu tubuh untuk mengeluarkan asam amino, porassium, fosfor dan magnesium dari dalam tubuh. Proses ini membuat otot melemah dan bisa mengganggu sistem imun, pencernaan dan reproduksi.

Namun, tetap saja stres akan membawa dampak buruk yang lebih banyak, untuk itu stres harus segera diatasi dan diobati. Dilansir oleh Helath Me Up, ini dia beberapa makanan yang bisa Anda makan untuk mengobati stres.

Gandum Utuh
Jauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahannya terbuat dari gandum utuh. Gandum kaya akan vitamin B yang meningkatkan produksi energi dari karbohidrat, protein dan lemak sehingga langsung bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Sedangkan makanan olahan yang kebanyakan tinggi karbohidrat sederhana dan gula bisa membuat kadar gula dalam darah melonjak, tapi juga cepat turunnya sehingga energi juga dengan cepat hilang yang membuat Anda tambah stres.

Asparagus
Sayuran dengan aroma khas ini kaya akan folic acid dan vitamin B yang bisa membantu menstabilkan mood Anda. Asparagus juga membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Cottage Cheese
Keju dengan tekstur lembut dan bercitarasa sedikit manis ini mengandung protein hewani yang juga membantu memproduksi serotonin. Selain itu protein di dalam keju tinggi akan asam amino tryptophan yang efeknya juga bisa membuat bahagia seperti serotonin. Khasiat asam amino ini akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama karbohidrat.

Vitamin C
Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis dan grapefruit kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi produksi hormon stres sekaligus menguatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan tersebut juga mengandung banyak serat tapi rendah kalori.

Almond
Kaya akan lemak tak jenuh dan merupakan sumber terbaik vitamin B2, E, zinc dan magnesium. Jika tubuh punya cukup kandungan nutrisi seperti yang disebutkan tadi, maka kemungkinan untuk mengalami stres akan berkurang. Disarankan mengonsumsi segenggam almond setiap pagi, tengah hari atau sore hari sebagai camilan.

Omega 3
Lemak sehat ini diolah tubuh menjadi semacam hormon yang disebut prostaglandins. Hormon ini membantu melawan peradangan dan mengatasi rasa sakit, terutama sakit pada kepala. Masukkan ikan-ikanan dalam menu harian Anda seperti tuna, salmon, sarden dan bandeng.

Alpukat
Alukat sumber yang baik untuk potassium dan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan produksi serotonin. Namun perlu dibatasi konsumsinya, tak lebih dari setengah buah per hari karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi.

Itu dia beberapda daftar makanan sebagai obat stres, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai pereda stres yang alami dan sehat.

Leave a Reply