Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Usia 20-an adalah masa krusial bagi kehidupan. Betapa tidak, usia sekian merupakan penentu jalan hidup seseorang. Banyak keputusan penting datang seperti karir maupun asmara. Girls, usia 20-an memberikan banyak kejutan yang tidak kita sangka sebelumnya, jadi yuk persiapkan diri sebaik mungkin.

Lakukanlah banyak hal, manfaatkan waktu untuk mengukir pencapaian agar kamu tidak menyesal kelak. Mau jadi wanita karir ataukah menjadi ibu rumah tangga yang hebat kamu tetap perlu persiapan. Kali ini, Biutifa merangkum beberapa hal mendasar yang penting banget untuk kamu perhatikan ya.

Sebelum masuk usia 30-an, tuntaskanlah studi yang paling kamu butuhkan

Jadilah calon mama yang hebat, yang berpendidikan tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tingkat pendidikan orang tua berpengaruh pada perkembangan akademik anak. Berburulah beasiswa jika kamu berkesempatan. Satu hal lagi, pendidikan bukan hanya di bangku formal tetapi banyak pendidikan non formal lain seperti kursus dan program bersertifikasi. Pendidikan memang bukan sekedar perkara menambahkan beberapa huruf di belakang namun tentang mengaplikasikan apa yang kita dapatkan di kehidupan nyata. So, dimanapun bisa jadi tempat belajar, baik itu formal maupun non formal.

tuntaskan studimu selagi masih muda via pinterest

Selesaikan Kewajibanmu terhadap Orangtua

Ada kewajiban tidak tertulis yang mengharuskan kita sebagai anak untuk berbakti dan membahagiakan orang tua. Mulai dari mengikuti kemauan mereka di berbagai hal, menuntaskan pendidikan di strata yang diharapkan hingga menikah. Nah, menyelesaikan kewajiban-kewajiban diatas penting kamu lakukan saat ini, sebelum kamu masuk usia 30-an. Saat kewajibanmu selesai, bukan hanya melegakan orang tua namun kamu juga kan merasa menjadi sosok anak yang berarti. Ingatlah, senyum dan rasa bangga orangtua adalah hal paling menyenangkan.

salah satu tujuan hidup memang membahagiakan orang tua via instagram

Kamu Harus Tahu Hal yang Membuatmu Bahagia

Di usia paling produktif ini, puaskanlah hasratmu untuk mencoba berbagai hal yang membuatmu tertarik. Mulai dari buku bacaan, musik, film hingga makanan. Bebaskan dirimu untuk melakukan eksplorasi seluas mungkin. Di tengah padatnya aktivitasmu, lakukanlah me time atau sekedar sharing bersama sahabat di tempat favorit. Hal ini akan merefresh otakmu dan membuatmu lebih rileks.

Berwisata ke Tempat-tempat Baru, Berani?

Kelak, kamu akan tua dan tidak punya lagi daya untuk bisa kemana-mana. Selagi masih muda, kenapa tidak kamu manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melihat dunia yang luas ini? Cobalah menikmati alam Indonesia yang sangat indah. Naikilah kereta ke Banyuwangi kemudian menyeberang ke Dewata atau kemanapun tempat yang ingin kamu kunjungi. Tambah wawasanmu untuk melihat budaya luar negeri pula. Menjajal melangkahkan kaki ke tempat-tempat baru akan memberimu perspektif lain soal hidup. Usia ini waktu yang tepat sebelum kamu disibukkan oleh berbagai tanggungjawab besar. Jangan sampai menyesal.

dunia itu indah banget sis via pixabay

Temukan Pekerjaan yang Bukan Hanya Menghidupi, tetapi Benar-benar Membuatmu Hidup

Menjelang usia 30-an, seharusnya kamu sudah mengakhiri masa-masa pencarian dan percobaan tentang pekerjaan. Kamu sudah harus menemukan passionmu, yang membuat kamu bahagia dan puas saat menjalaninya. Bukan saatnya lagi kamu jadi kutu loncat yang bisa berpindah dari satu bidang pekerjaan sesuka hati. Memilih pekerjaan sesuai passion akan membawa impact besar dalam hidupmu.

Keluarlah dari Hubungan Asmara yang Tidak Membuatmu Berkembang

Hubungan yang seperti ini benar-benar hanya membuang waktu dan membuat kamu rugi. Nilailah secara objektif, tinggalkan hubungan yang memberatkan dan tidak membawa kebaikan. Namun jika memang sudah sama-sama cocok, tidak kuat menanggung rindu maka menikahlah. Berani?

pilihannya, menikah atau sendiri? via https://pixabay.com

Mulai Pertimbangkan untuk Berinvestasi

Investasi memang penting agar uangmu tidak berhenti di rekening saja. Danamu bisa berputar dan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. Demi keamanan finansialmu sendiri, tidak ada salahnya mulai berinvestasi dari sekarang. Kamu tidak pernah tahu kan apa yang akan terjadi di masa depan? Berbisnis bersama seseorang yang memiliki passion yang sama juga layak dipertimbangkan. Banyak sekali entrepreneur yang sukses di usia muda. Mau?

Berikut hal-hal mendasar yang penting untuk kita perhatikan selagi masih muda. Selamat berproses menuju usia 30 tahun. Good luck!

Leave a Reply