Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, Indonesia memang sudah terkenal kaya akan hasil rempah-rempahnya. Salah satu rempah yang paling sering digunakan adalah lengkuas, lengkuas ini selalu digunakan untuk menyedapkan masakan. Nah, jika Anda hanya mengetahui bahwa lengkuas hanya bermanfaat untuk menyedapkan masakan, berarti Anda salah. Untuk itu, Anda harus menyimak manfaat keren dari lengkuas berikut ini yang seperti dikutip oleh Style Craze.

Kaya akan gizi
Lengkuas, meski memang sangat jarang, atau mungkin tidak pernah dimakan secara langsung, namun sangat kaya serat yang sangat baik untuk pencernaan. Lengkuas juga kaya kandungan zat besi, natrium, vitamin A, C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, dan galangin.

Mambantu meredakan mabuk
Lengkuas memiliki aroma yang cukup kuat sehingga dapat meredakan mual yang Anda derita. Biasanya, ibu hamil sering merasakan morning sickness hingga tidak mau makan. Namun jika Anda menyeduh lengkuas dengan air hangat dan madu, bisa meredakan mual karena aromaterapinya.

Bahkan ketika Anda sedang mabuk perjalanan, baik laut maupun darat, Anda bisa menggunakan lengkuas untuk meredakan mabuk, karena lengkuas membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan di perut dan membantu keluarnya angin di dalam perut. Anda juga bisa mengobati diare dengan lengkuas karena sifatnya yang antibakteri dan anti-jamur.

Memperlancar peredaran darah
Membuat jus lengkuas mungkin terdengar absurd, tapi jangan remehkan manfaatnya. Anda bisa melancarkan peredaran darah dengan ini Ladies. Kolesterol juga akan berkurang dan Anda bisa menjaga tubuh lebih baik karena oksigen lebih banyak masuk ke tubuh.

Mampu mengobati luka bakar
Jika Anda memiliki masalah penyakit gatal kulit, maka lengkuas yang sudah dihancurkan dan dibubuhkan ke bagian yang gatal akan mempercepat penyembuhan dan menghentikan penyebaran ke bagian kulit lainnya.

Jus lengkuas dapat diterapkan secara topikal untuk pengobatan penyakit kulit karena terdiri dari 40 macam antioksidan yang berbeda sehingga dapat membantu melindungi kulit terhadap penuaan. Anda bahkan bisa menyembuhkan luka bakar di kulit menggunakan jus lengkuas. Terapkan 2-3 kali sehari dan akan mempercepat penyembuhan.

Menjaga kesehatan rambut
Jika Anda minum jus lengkuas, Anda juga sekaligus bisa menjaga kesehatan rambut dan akar rambut dari kerontokan. Ini karena peredaran darah yang lancar sehingga bisa mengalirkan nutrisi dan oksigen lebih baik ke kepala.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa lengkuas tak hanya untuk menyedapkan masakan ?

Leave a Reply