Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ulasan Khusus Diet Mediterania
Sahabat Biutifa, mungkin Anda sudah pernah mendengar, meski samar samar dan tidak mengerti dengan maksudnya. Ya, kali ini Biutifa akan mengulas khusus mengenai diet mediterania untuk menjawab rasa penasaran Anda.
Diet mediterania didasarkan pada makanan tradisional orang yang hidup di wilayah mediterania Selatan seperti Italia bagian selatan, Yunani, Spanyol Selatan, Bali dan Turki Selatan.

Dasar diet ini terdiri dari karbohidrat kompleks antara lain biji-bijian, pasta, buah, sayuran, jumlah sedang dari ikan, unggas dan telur, minyak zaitun, daging merah kecil dan sejumlah anggur atau wine.

Masyarakat Mediterania Selatan memiliki insiden penyakit jantung dan angka kematian yang lebih rendah dibanding negara-negara barat lainnya. Ini karena buah dan sayur mengandung antioksidan, minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, minyak zaitun sumber antioksidan serta vitamin E.

Seperti dikutip dari Mayoclinic, diet Mediterania menekankan pada pola makan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sebagai bahan tambahan, diet ini membolehkan minyak zaitun dan minyak canola dan rempah-rempah tapi tanpa garam dan perisa tambahan atau MSG.

Jika Anda sedang merencanakan diet untuk jantung sehat, diet Mediterania mungkin tepat bagi Anda. Diet Mediterania menggabungkan dasar-dasar makan sehat ditambah komponen lainnya yang mencirikan gaya memasak tradisional negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan, analisis lebih dari 1,5 juta orang dewasa yang mengikuti diet Mediterania dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker, serta Parkinson dan penyakit Alzheimer. The Dietary Guidelines for Americans juga merekomendasikan diet ini sebagai diet untuk kesehatan dan mencegah penyakit.

Berikut ini langkah atau contoh yang bisa diterapkan dari diet mediterania:

  • Sarapan : roti panggang dengan minyak zaitun dan yogurt blueberry serta almond atau telur dengan sayuran dan berry
  • Makan siang : Spaghetti dengan bakso atau salmon teriyaki dan buah
  • Camilan : roti dengan salad tomat dan keju atau roti bakar dengan tomat dan strawberry
  • Makan malam : steak tuna dengan beras merah, salad asparagus atau daging tenderloin dengan saus yang disajikan bersama nasi dan tomat.

Masih penasaran dengan diet mediterania ? Simak dalam artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai manfaat dan tips-tips menjalani diet mediterania.

Leave a Reply