Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

tips sehat, tips sehat saat puasa, makanan yang harus dihindari penderita maag saat puasa, daftar makanan yang harus dihindari penderita maag saat puasa, makanan yang mampu menimbulkan gejala maag saat puasa, makanan yang mampu memperparah maag saat puasa

Sahabat Biutifa, bagi penderita maag, memang sangat penting memperhatikan asupan makanan dan minuman setiap harinya, terutama saat puasa sekarang. Ada jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat puasa bagi penderita maag agar tidak mengakibatkan dan memperparah gejala sakit maag. Berikut ini jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pasien penderita maag.

Makanan dan minuman mengandung gas
Dr Ari Fahrial Syam mengatakan, hindarilah makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Di antaranya, sayuran seperti sawi dan kol, buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon, makanan berserat tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan, minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda.

“Intinya, hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, antara lain kopi, minuman beralkoho 5 sampai 20 persen, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream,” kata Ketua Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia .

Makanan berlemak
Ia juga mengatakan, hindarilah makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan peregangan di lambung, yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Antara lain makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.

“Hindari juga makanan yang secara langsung merusak dinding lambung. Yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang,” kata dia menjelaskan.

Tak hanya itu, Anda pun harus menghindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Seperti cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

Mie
Pun ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari bagi penderita sakit maag, antara lain beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi, singkong, tales, dan dodol.

Permen Karet
“Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari setelah berbuka atau saat sahur, antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok,” kata dia menekankan.

Nah, bagi Anda yang menderita maag sebaiknya menghindari makanan diatas, agar ibadah puasa Anda tak terganggu dengan sakit maag.
it’s easy to be health with biutifa

Leave a Reply