Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ketahanan mental anak yang tinggi akan meningkatkan level emosional dan sosial yang positif, keterlibatan dalam kegiatan belajar, kemampuan mengatasi beragam situasi sulit dan menurunkan tingkat depresi.

Penting untuk mengajarkan ketahanan mental anak sejak dini. Hal ini akan menjadi investasi untuk kemampuan akademik dan keberhasilannya di masa depan.

Mulailah dari Diri Anda sebagai ‘Role Model’

You’re already a role model for your child. Every time you say something, take an action or have a reaction to someone or something, your child is observing your behavior.

Sebagai anak, begitulah cara mereka mendapatkan berbagai keterampilan. Mereka bergantung pada pengamatan saat mulai memahami cara kerja hubungan interpersonal. Maka, tantangan sesungguhnya bagi orang tua adalah memberikan contoh positif sesering mungkin.

Budayakan ‘Berani’ dalam Keluarga 

Budayakan sifat ini untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini juga dapat dimulai dari Anda dan seluruh anggota keluarga dalam bersosialisasi. Ajak anak untuk sekedar say hi kepada seseorang yang mungkin belum dia kenal untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Juga latih anak untuk berani mengekspresikan diri. Mengajaknya bermain musik dan drama? Hmm.. terdengar menarik.

Problem based Learning tingkatkan Rasa Ingin Tahu 

Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa metode ini sangat efektif untuk meningkatkan curious pada anak. Mulailah dari hal-hal sepele atau sederhana dengan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai bahan dia bereksplorasi. Hal ini akan menjadi mindset nya bahwa suatu hal terjadi karena ada sebuah proses. Proses itulah yang membuat dia penasaran dan terus ingin tahu banyak hal.

Berikan Tantangan 

Berikan sebuah challenge atau misi yang harus dia selesaikan. Buatlah perjanjian berdasarkan misi tersebut. Jika berhasil maka dia akan mendapatkan reward, jika gagal dia akan mendapatkan punishment. Reward bukan selalu berupa barang dan punishment bukan selalu berkaitan dengan hal negatif.

Do your best!

Leave a Reply