Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Pimple dan Acne merupakan dua masalah kulit yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Kondisi ini muncul karena beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon atau pola makan yang tidak tepat. Meskipun termasuk dalam kategori masalah kulit yang sama, Pimple dan Acne memiliki perbedaan. Pimple merupakan jenis lesi atau peradangan kulit sedangkan Acne merupakan kondisi kulit kronis yang terjadi karena folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum (minyak alami kulit). Mari kita pahami dahulu mengapa kedua hal ini bisa terjadi.

Bagaimana jerawat terbentuk?

How acne is formed / source: http://www.lifehack.org

▲ Peradangan yang disebabkan oleh perubahan hormon yang membentuk bintik merah pada kulit.

Jerawat biasanya ditemukan di wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Itu karena ada lebih banyak kelenjar minyak pada kulit daerah ini. Fungsi kelenjar minyak adalah mengeluarkan zat minyak (sebum) untuk melumasi kulit Anda agar terlihat bercahaya. Bila tubuh Anda menghasilkan jumlah sel sebum dan sel kulit mati yang berlebih karena perubahan hormonal, keduanya dapat menghalangi folikel rambut Anda dan membentuk steker lembut, yang merupakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri untuk berkembang. Bila folikel rambut tersumbat, terinfeksi dan mengakibatkan radang, dinding folikel akan menonjol dan membentuk jerawat.

Mengapa Anda tidak boleh mengeluarkan jerawat Anda?

▲ Mengeluarkan jerawat bisa mengakibatkan hilangnya jaringan yang akhirnya menyebabkan bekas jerawat

Memencet kemudian mengeluarkan jerawat tampaknya cara tercepat untuk membuat bintik merah di kulit Anda hilang. Tapi secara permanen bisa merusak kulit Anda! Saat Anda memencet jerawat, Anda sebenarnya memaksa zat minyak dan sel kulit mati masuk ke dalam folikel. Tekanan ekstra yang diberikan akan membuat dinding folikel pecah, dan menumpahkan bahan yang terinfeksi ke bagian paling dalam dari kulit kita. Kerusakan kulit ini akan mengakibatkan hilangnya jaringan, dan akhirnya menyebabkan bekas jerawat. Jadi jika jerawat bermunculan bukan cara yang baik untuk segera mengeluarkannya dengan paksa.

So, apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kembali kulit yang bercahaya? Ada 10 tips natural home remedies untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba. Anda tidak perlu lebih banyak uang, tenaga dan waktu untuk mendapatkan efek yang ideal kembali. Cek tipsnya pada postingan selanjutnya.

Baca: 9 Bahan Natural yang Mampu Menghilangkan Jerawat 

See you on next post!

Reference:

https://rafabeauty.co

http://www.lifehack.org