Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ulasan Khusus Diet Mediterania
Sahabat Biutifa, Diet Mediterania merupakan rekomendasi asupan nutrisi yang terinspirasi dari pola makan tradisional masyarakat Italia selatan, Yunani, dan Spanyol. Kunci utama diet ini, konsumsi sayuran, buah, dan minyak zaitun.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine tahun 2013, dikatakan diet Mediterania bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Tertarik menjalani diet ini? Dilansir dalam Eating Well berikut bahan makanan utama dalam diet Mediterania.

Minyak Zaitun
Sumber asupan lemak baik diet Mediterania adalah minyak zaitun. Setiap harinya pelaku diet ini mengonsumsi empat sendok makan atau lebih minyak yang baik untuk kesehatan jantung ini.

Kacang-kacangan
Partisipan studi mengonsumsi tiga porsi atau lebih kacang-kacangan setiap minggunya. Mereka didorong untuk mengonsumsi kombinasi walnut, almond, dan hazelnut setiap harinya. Konsumsi kacangan-kacangan terbukti baik untuk jantung dan kaya akan protein untuk agar tetap kenyang.

Ikan dan Daging Putih
Pelaku diet mediterania mengonsumsi 3 porsi ikan dan seafood per minggu. Anda bisa mengkonsumsi ikan yang kaya akan lemak omega-3 seperti tuna atau salmon. Selain itu, juga konsumsi daging ayam tanpa lemak atau kalkun.

Buah Segar
Buah-buahan termasuk 100 persen jus buah segar juga berpenting dalam diet ini. Pelaku diet mengonsumsi 3 porsi buah segar atau lebih setiap harinya dan untuk jus buah segar 237 ml sampai 355 ml.

Sayuran Segar
Selain buah, sayuran segar juga penting bagi pelaku diet Mediterania. Dua porsi sayuran atau lebih setiap harinya dan setidaknya satu porsi penyajian sayuran mentah seperti salad per hari.

Sofrito
Sofrito adalah saus yang umunya terbuat dari tomat, bawang bombay, bawang putih, cabai, dan daun ketumbar. Bumbu yang dihaluskan ditumis dengan minyak zaitun dan biasanya dijadikan saus hidangan sayur, pasta, dan nasi. Pelaku diet ini biasanya mengonsumsi sofrito minimal dua kali seminggu.

Nah, sebelum menjalai diet mediterania, ada baiknya Anda selalu sedia bahan makanan diatas di dapur Anda.

Leave a Reply