Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Meski kehadiran jerawat bisa Anda cegah dengan berbagai treatment, Anda tetap takkan bisa menolak adanya perubahan hormon dan pola makan yang kurang baik. Satu hal lagi penyebab yang jarang kita sadari adalah pemakaian hijab yang kurang bersih dan kebiasaan yang tidak baik. Yaps, di bawah ini adalah kesalahan-kesalahan yang biasa kita lakukan saat mengenakan hijab sehingga menyebabkan wajah berjerawat. Perhatikan baik-baik, jangan sampai jerawat menguasai wajah cantik Anda.

Inner hijab yang digunakan berhari-hari 

Meski terlihat sepele, ternyata inner yang sering dipakai berhari-hari memicu tumbuhnya jerawat terutama di bagian kening dan pelipis. Letaknya yang tertutup, bercampur keringat dan rambut yang berminyak tentu menjadi tempat yang menyenangkan untuk kuman dan bakteri. Rutinlah ganti hijab dan innermu!

Bahan hijab yang tidak cocok 

Pemilihan bahan hijab juga perlu diperhatikan. Pilihlah bahan yang lembut, anti gerah dan tidak membuat gatal. Bahan yang direkomendasikan adalah bahan katun atau yang menyerap keringat. Sebisa mungkin hindari bahan yang tak bisa menyerap keringat seperti spandek, karena akan memberikan kesempatan bagi keringat penyebab jerawat.

Tangan yang kotor

Anda pasti sering membenarkan hijab lalu dengan tidak sengaja tangan Anda juga menyentuh kulit wajah. Kita tahu bahwa tangan adalah salah satu bagian tubuh yang menyimpan kuman atau bakteri paling banyak. So, ketika tangan Anda menyentuh bagian wajah yang sedang berminyak bakteri-bakteri tadi akan menempel.

Makeup yang tertutup hijab 

Jangan salah, pemakaian kosmetik walaupun hanya sekedar daycream atau bedak ternyata tetap memberi pengaruh pada kesehatan kulit wajah, terutama di area yang tertutup hijab. Pada area yang berpotensi berkeringat dan lembab ini memberikan peluang besar bagi jerawat untuk bersarang. Bersihkan wajah Anda minimal 2x sehari agar sisa makeup yang bercampur keringat tidak menimbulkan jerawat.

Rambut yang jarang dikeramas 

Faktanya rambut akan tetap memiliki peluang besar bersentuhan dengan wajah Anda. Saat melepas hijab, tidur misalnya, rambut yang berminyak akan mengenai kulit wajah sehingga menimbulkan jerawat akibat tumpukan bakteri-bakteri.

Penggunaan detergen berlebihan 

Membuat hijab menjadi bersih kembali adalah hal utama. Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan detergen dan pewangi, jangan sampai berlebihan. Bilaslah hingga benar-benar bersih, bila perlu gunakan pula pewangi anti bakteria untuk hasil yang maksimal.

Yuk menjadi hijabers yang bersih dan cantik! Baca terus tips seputar jerawat lainnya.

Leave a Reply