Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Berdasarkan penelitian tahun 2012 di Jerman, diketahui bahwa terdapat pengaruh antara dopamine dengan ingatan jangka panjang. Ketika dopamine disekresikan maka kemampuan memori jangka panjang pada otak pun bertambah saat itu.

Yaps jawabannya adalah Dopamine.

Dopamine adalah suatu hormone dan neurotransmitter yang memiliki banyak pengaruh pada otak manusia. Dopamine juga biasa disebut “feel-good hormone” karena hormon ini disekresikan ketika seseorang merasakan senang atau termotivasi. Musik membuat senang -> dopamine tersekresi -> ingatan jangka panjang menguat -> lirik yang dihafal menjadi ingatan jangka panjang. Inilah sebabnya anak lebih mudah mengingat lirik lagu walaupun hanya beberapa kali dengar karena mereka senang dengan lagu tersebut.

Kesimpulan lainnya adalah seorang anak yang kesulitan mengingat materi pelajaran disebabkan karena mereka kurang menyukai materi tersebut atau motivasi belajar mereka rendah. Karena, meskipun tidak senang terhadap suatu pelajaran, jika anak tersebut termotivasi dengan baik, maka kadar dopamine yang tersekresi pasti baik menyebabkan ingatan terhadap materi pun jangka panjang (sulit lupa).

Tips
Hindari suasana belajar di bawah tekanan karena berakibat anak merasa stress sehingga otak pun tidak bisa rileks dan kesulitan berkonsentrasi. Buatlah suasana belajar yang santai, happy dan tidak terbebani hingga akhirnya anak senang dengan materi yang dia pelajari. Banyak metode-metode belajar interaktif dan seru yang bisa diadopsi kok. Atau mungkinkah mengaplikasikan materi menjadi sebuah lagu?

Leave a Reply