Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Setidaknya ada 2 hal yang sulit dilakukan saat bekerja: memulai pekerjaan dan menjaga fokus hingga pekerjaan tersebut selesai. Ya bagi kaum urban yang baru memasuki dunia bekerja, sebagian besar pasti mengalami hal ini. Berbagai distraksi yang datang kerap menjadi penghalang mereka untuk produktif.

Jika kamu kerap mengalami hal ini, Biutifa akan membantumu untuk menjadi worker yang produktif. Tidak akan ada lagi keluhan dikejar deadline, lembur atau dimarahi atasan karena pekerjaanmu tidak selesai. Semua tergantung pada manajamen dirimu sendiri.

Jangan Pernah Bekerja tanpa Prioritas

Penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah absennya prioritas pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Ibarat kamu hendak pergi ke beberapa tempat di suatu kota, tetapi kamu tidak memiliki tujuan utama. Kamu hanya akan berputar-putar di wilayah itu tanpa sampai ke tujuan utamamu.

Kebingungan karena tidak adanya prioritas membuat orang malas untuk memulai sebuah tugas. Cobalah untuk terbiasa membuat prioritas dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari itu. Mulailah dari tugas yang berada di urutan teratas/urgent. Maka kamu akan mempunyai lebih banyak motivasi untuk menyelesaikan tugas lainnya. Melegakan jika big task have done, right?

Buang jauh-jauh Distraksi di Sekitarmu, Hanya ada Kamu dan Pekerjaanmu

Ketika kamu mulai duduk di depan meja kerja, membuka to do list, membuka email, website terkait pekerjaan, fokuslah pada informasi yang kamu butuhkan. Banyaknya gempuran informasi yang masuk ke otakmu malah membuat kamu kebingungan dan menjadi tidak fokus. Jika penasaran dengan informasi lainnya, bisa kamu lakukan/perhatikan saat punya waktu luang. Dengan cara ini, prioritasmu akan tetap terjaga.

Fokus pada pekerjaanmu via https://www.pexels.com

Temukan Waktu dan Tempat untuk Bisa Bekerja dengan Fokus

Zaman sekarang, banyak industri kreatif yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja di working space. Bekerja tidak melulu di kantor. Namun jika hal tersebut tidak kamu dapatkan, ciptakan suasana meja kerjamu senyaman mungkin. Hindari gangguan-gangguan dari luar seperti mengobrol dengan rekan kerja, chatting, sosial media dan lainnya.

Fokuslah dan coba teknik Pomodoro. Kerjakan tugasmu tanpa distraksi selama 25 menit. Dalam jangka waktu itu jangan biarkan fokusmu hilang. Jangan buka tab lain, mengobrol, cek ponsel dan sebagainya. Setelah 25 menit berakhir, kamu bisa istirahat 2 – 3 menit untuk merefresh otakmu. Ulangi teknik ini sampai tugasmu selesai.

Bekerjalah sesuai Ritme yang Kamu Suka

Temukan ritme kerja yang paling sesuai denganmu. Manfaatkan waktu emas tersebut untuk menuntaskan pekerjaan-pekerjaanmu. Jika waktu paling produktif bagimu untuk berfikir dan bekerja adalah pukul 11 siang misalnya, gunakan waktu sebelum itu untuk mengumpulkan informasi atau apapun yang menunjang pekerjaanmu. Kemudian eksekusi pada saat kamu merasa siap. Hal ini jauh lebih efektif dibandingkan memaksakan bekerja pada ritme yang tidak sesuai denganmu.

bekerja sesuai ritme via https://www.pexels.com

Beri Reward untuk Dirimu Sendiri saat Bisa Menyelesaikan Suatu Pekerjaan 

Penuhi hakmu untuk sekedar me time saat berhasil menyelesaikan big task. Lakukan sesuatu yang membuatmu riang dan segar kembali. Jika tidak ada yang menghargai hasil kerjamu kenapa tidak mulai dari dirimu sendiri dulu?

Seduh secangkir teh hijau atau pesanlah smoothie kesukaanmu. Duduk santai di tempat paling nyaman menurutmu. Selain untuk merefresh otakmu, hal ini diyakini kamu akan merasa siap untuk tugas selanjutnya dan tentu akan terasa ringan dikerjaan.

pesanlah minuman segar untuk menyejukkan otakmu via https://www.pexels.com

Semoga dengan cara-cara ini kamu tidak lagi menjadi penunda pekerjaan ya. Selamat menjalani hari yang lebih produktif!

Leave a Reply