Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Musim hujan belum berakhir. Rintik hujan pun terkadang datang tanpa diduga-duga. Tak jarang suasana seperti ini membawa ketenangan tersendiri bagi penikmatnya namun juga sering membawa kecemasan bagi para wanita.

Yaps! Apalagi kalau bukan tentang jemuran. Hehehe..

Setelah susah payah mencuci dan harus ditinggal ke kampus atau bekerja, terkadang kamu bimbang apakah akan dijemur di luar atau di ruangan saja? Nah untuk kamu yang cari aman pasti memilih menjemurnya di dalam ruangan atau daerah yang aman dari jangkauan rintik hujan.

Kekhawatiran belum berakhir. Saat kamu menjemurnya di dalam ruangan, timbul masalah tidak lain adalah jemuran yang susah kering, apek dan kadang berjamur. Padahal pemilihan baju di saat musim-musim seperti ini cenderung berbahan tebal. Duh..

Tidak perlu khawatir, berikut Biutifa merangkum tips menjemur pakaian di dalam ruangan yang bisa kamu ikuti.

Sebisa mungkin gunakan pengering mesin cuci 

Menghilangkan 80% kadar air dalam pakaianmu adalah hal yang sangat penting agar pakaianmu lebih cepat kering. Sortir dahulu cucianmu yang berbahan tipis dan tebal. Lakukan pengeringan pada bahan tebal lebih lama untuk pemaksimalan penghilangan air. Untuk pakaian berbahan tipis lakukan sebentar saja untuk mengurangi resiko kerusakan bahan.

baju, baju wanita, menjemur baju, merawat baju, menjemur saat musim hujan, baju apek, penyebab baju apek

cucianmu bakal lebih enteng dan pastinya memangkas waktu penjemuran via pixabay.com

Pastikan pewangi pakaian tidak terlewat 

Item satu ini sangat penting untuk menjaga cucianmu wangi lebih lama saat dijemur dan setelah dijemur. Gunakan pewangi dan pelembut pakaian secukupnya untuk meminimalisasi bau apek berlebihan, terlebih lagi kamu menjemurnya di dalam ruangan.

Beri jarak yang cukup antar hanger atau penjepit 

Saat menjemur di dalam ruangan, pastikan kamu memberi jarak yang cukup antar pakaian. Hal ini penting untuk memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga pakaianmu lebih cepat kering.

baju, baju wanita, menjemur baju, merawat baju, menjemur saat musim hujan, baju apek, penyebab baju apek

jika antar pakaian terlalu mepet maka tidak ada sirkulasi udara, endingnya pakaianmu lebih lama kering dan cenderung apek via pixabay.com

Manfaatkan kipas angin

Kipas angin pada langit-langit rumahmu sangat membantu untuk menciptakan pergerakan udara di sekitar jemuranmu. Hasilnya air dalam bajumu akan makin mudah menguap. Gunakan kekuatan yang sedang agar jemuranmu tidak berantakan dan terbang.

Jika sangat mendesak, gunakan hairdryer untuk mengeringkan pakaianmu

Daya listrik yang dibutuhkan hairdryer cukup tinggi maka sebaiknya gunakan untuk mengeringkan pakaian yang mendesak atau yang harus segera kamu pakai. Angin panas dari pengering rambut ini dijamin membuat pakaianmu cepat kering.

Demikian tips mengeringkan baju dalam ruangan. Bye apek dan jamur. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply