Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Jika Anda mengalami iritasi seperti kemerahan, benjolan, gatal, nyeri, atau kekeringan setelah menggunakan bahan aktif umum seperti asam salisilat untuk berjerawat atau retinoid untuk garis-garis halus, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkannya.

“Alergi yang sejatinya terdapat pada ramuan ini jarang terjadi,” kata dokter kulit Dr. Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik & Klinis di Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York. “Perbedaan genetik menjelaskan mengapa beberapa orang mengalami iritasi dan lainnya dapat mentoleransi bahan tertentu. Selain itu, konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, penggunaan lebih banyak produk, dan aplikasi yang lebih sering dapat meningkatkan risiko reaksi kulit.”

Untuk mencegah iritasi, Dr. Zeichner menyarankan agar menggunakan pelembab terlebih dahulu. “Carilah pelembab dengan bahan perbaikan kulit seperti ceramides dan havermut koloid,” katanya.

Seiring dengan pelembab, penting juga untuk menggunakan pembersih lembut yang membantu melembabkan kulit saat mengeluarkan kotoran dan minyak. Hal ini dapat membantu meminimalkan risiko ketidaknyamanan saat Anda hendak menggunakan produk dengan bahan yang berpotensi menimbulkan iritasi. “Mencuci wajah dengan pembersih yang keras bisa melucuti kulit minyak esensial dan benar-benar merusak penghalang kulit, meningkatkan risiko iritasi kulit,” jelas Dr. Zeichner.

Dr. Zeichner mengatakan bahwa beberapa cara lain untuk mencegah iritasi adalah beralih ke formula dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah, mengubah jumlah dari apa yang Anda terapkan, dan beralih menggunakan produk setiap hari.

Leave a Reply