Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, sering mengantuk saat puasa merupakan hal yang sering dialami orang yang sedang menjalankan puasa. Umumnya, rasa kantuk memuncak pada siang harinya. Ini karena energi yang terkumpul saat sahur perlahan mulai habis. Mungkin Anda akan merasa terganggu karena diterpa rasa kantuk sedangkan Anda harus tetap bekerja. Namun, tak perlu khawatir karena masih ada cara cara mudah menghalau kantuk saat puasa seperti dikutip dari Life Hackery berikut

Jalan-jalan
Ketika puasa, Anda mungkin lebih memilih untuk tetap duduk karena tak ingin capek jika banyak bergerak. Namun, tidak ada salahnya Anda bangun dari kursi dan berjalan-jalan. Tentu, jalan-jalan tidak akan membuat Anda lelah, justru dengan jalan-jalan Anda akan kembali merasa segar. Anda bisa berjalan ke luar ruangan, menghirup udara segar, melihat pepohonan yang bisa menyegarkan penglihatan Anda.
Berjalan-jalan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini akan menyingkirkan ngantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Anda. Cobalah berjalan-jalan di luar ruangan selama beberapa menit, dan rasakan manfaatnya.

Meditasi 5 menit
Peneliti percaya bahwa meditasi bisa menyegarkan tubuh. Ketika Anda sedang merasa sangat ngantuk ketika bekerja dan berpuasa, berhenti memaksa diri Anda untuk terus bekerja karena pekerjaan bisa jadi akan berantakan. Cobalah untuk bermeditasi selama lima menit.
Meditasi tak hanya dilakukan dengan menutup mata, karena ini justru akan membuat Anda semakin ngantuk. Meditasi yang optimal adalah dengan membuat diri Anda rileks, kemudian melakukan beberapa latihan pernapasan. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi udara dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan musik yang memotivasi dan membuat Anda lebih antusias.

Tidur siang
Pasti semua orang yang mengantuk akan memilih tidur siang sebagai obatnya. Namun, tidur siang yang satu ini berbeda.Tidur siang singkat yang dinamakan dengan ‘power nap’ justru akan membuat Anda lebih segar dan tak lagi mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang ini dilakukan hanya dalam beberapa menit.
Penelitian mengungkap bahwa melakukan tidur siang singkat di siang hari justru bisa membuat tubuh lebih segar dan produktif setelahnya. Namun tentunya tidur siang tersebut tidak dilakukan untuk semakin bermalas-malasan. Untuk melakukan ‘power nap’ ini, kepala harus disangga oleh sesuatu, seperti punggung kursi atau bantal.

Cuci muka

Ketika puasa maka Anda tidak bisa mengkonsumsi apapun untuk meningkatkan energi.Satu satunya cara adalah dengan mencuci muka untuk mengusir kantuk.Selain mencuci muka, Anda juga bisa memperbaiki penampilan seperti menyisir rambut, memakai make up, atau memijat wajah Anda sendiri. Mencuci muka dan memperbaiki penampilan adakan membuat Anda merasa lebih baik dan tidak mengantuk lagi. Anda pun terlihat lebih segar.

Temukan hal yang lucu
Jika Anda bekerja menggunakan komputer, tak ada salahnya untuk mencari hiburan sesekali ketika merasa sedang sangat ngantuk. Gambar atau hal-hal yang lucu bisa menghalau rasa ngantuk yang Anda rasakan. Jika Anda tak memiliki komputer saat bekerja, Anda bisa bercakap-cakap dengan teman kerja atau mengajak mereka bercanda. Tentunya ini dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Terkadang orang merasa ngantuk karena mereka sendirian dan tidak memiliki teman bicara.

Itulah tips-tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kantuk selama berpuasa. Selain itu, Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur agar lancar dalam menjalani puasa sehari penuh. Selamat Mencoba

Leave a Reply