Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, pusing atau sakit kepala memang sering kali hadir di tengah-tengah aktivitas. Hal-hal sepelepun sering kali menjadi penyebab timbulnya sakit kepala. Rasa nyeri itu timbul sebagai respon tubuh atas stres fisik atau emosional yang terjadi.

Stres dapat membuat otot-otot di kepala dan leher mengalami kontraksi sehingga menciptakan ketegangan di kepala. Kondisi ini juga bisa memengaruhi pembuluh darah dan berkembang menghasilkan sakit kepala vaskular atau migrain.

Mungkin dengan minum obat sakit kepala, rasa sakit itu akan hilang, namun alangkah lebih baik jika kita memilih menggunakan obat herbal yang tersedia disekitar. Coba dengan rempah-rempah yang ada didapur Anda yang bisa Anda racik untuk mengobati sakit kepala.

Teh Jahe

Jahe dapat bekerja menghambat sintesis prostaglandin, melawan migrain. Jahe juga membantu mengatasi rasa mual yang sering menyertai migrain. Memasukkan tiga irisan jahe ke dalam sajian teh hangat bisa membantu meredakan sakit kepala atau migrain.

Minyak rosemary

Oleskan satu atau dua tetes minyak esensial rosemary pada dahi. Lalu, gosok dengan lembut ke beberapa bagian tubuh lain seperti perut, kepala leher dan punggung. Selanjutnya, duduk tenang selama beberapa menit tanpa aktivitas.

Dalam sebuah penelitian 2010, minyak rosemary diklaim mengandung carvacrol, suatu zat yang bertindak sebagai inhibitor COX-II, seperti obat antiinflamasi.

Teh chamomile

Istirahat sejenak saat jadwal sedang padat bisa meringankan beberapa ketegangan yang menyebabkan sakit kepala. Senyawa dalam sajian teh ini membantu meringankan rasa sakit dan membuat Anda lebih rileks .

Masukkan satu kantong teh chamomile ke dalam cangkir air panas. Tutup rapat cangkir selama 10 menit. Menambahkan pemanis seperti madu akan lebih nikmat. Luangkan waktu sejenak untuk minum teh sambil duduk di tempat yang tenang demi memulihkan semangat.

Peppermint dan minyak lavender

Sejumlah terapis percaya bahwa merendam kaki bisa menjadi obat meredakan sakit kepala. Air panas menarik aliran darah ke kaki. Ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kepala. Dengan menambahkan beberapa tetes peppermint atau minyak esensial lavender, aromanya bisa juga membantu mengurangi sakitnya.

Itu dia beberapa ramuan herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit kepala. Selamat mencoba.

Leave a Reply