Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Terlambat bicara adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan orang tua. Umumnya masalah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor kelainan perkembangan bicara, gangguan pendengaran, disabilitas intelektual atau minimnya komunikasi dari orang tua. Yaps, itu sebabnya anak butuh dukungan dan stimulasi penuh dari orang tua untuk merangsang kemampuan berbicara mereka.  Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Ajak anak berkomunikasi 

Mulailah berbicara dengan anak bahkan saat dia masih bayi. Hal ini bagus untuk merangsang indera pendengarannya sejak dini. Saat anak sudah mulai bisa mendengar dan melihat secara jelas, Anda harus mengajaknya berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Bermain bersama adalah cara paling ampuh untuk berinteraksi sekaligus memberikan pelajaran agar anak lebih tanggap atas apa yang Anda ucapkan.

Ajukan banyak pertanyaan 

Walaupun anak belum bisa bicara, Anda tetap bisa mengajaknya berkomunikasi. Misalnya, “Main apa? Main boneka ya?”, dan sebagainya. Jika anak sudah mulai mengeluarkan “bahasa ala bayi” dan memberikan beragam respon maka jangan ragu untuk menanggapinya. Anda juga dapat mempertegas apa yang anak ucapan dengan mengajukan pertanyaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan anak memberikan respon. Selalu dengarkan saat dia berbicara dan koreksi jika ada kata yang salah.

Tidak bicara cadel dan koreksi kata salah

Ini bukan hal yang main-main. Saat anak berbicara cadel jangan sampai kita memberikan respon yang sama (sama-sama cadel). Selalu gunakan Bahasa yang benar saat mengobrol dengan anak. Anak akan mengikuti apa yang kita katakan. Koreksi jika anak berbicara salah, misal anak berbicara, “uah” tegaskan bahwa “ini buah”.

Baca buku bersama 

Kegiatan ini super efektif. Melalui buku bergambar atau buku cerita, anak bisa mengenal banyak hal. Kosa katanya pun makin hari makin kaya. Bahkan mulailah membacakan buku saat dia masih usia beberapa bulan. Selesai membaca buku, saatnya Anda mengenalkan benda di kehidupan nyata dan mulailah berkomunikasi.

Ajak anak bersosialiasi

Salah satu parameter anak sukses berbicara adalah mampu berkomunikasi dengan orang asing (bukan hanya orangtua sendiri). Jangan sampai anak diam hanya karena malu jika bertemu dengan orang baru. Ajak anak untuk bersosialiasi dengan lingkungan sekitar, seperti mengenalkannya pada teman sebaya. Hal ini juga akan melatih anak untuk percaya diri.

Leave a Reply