Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ulasan Khusus Serba Serbi Jerawat

Sahabat Biutifa, umumnya, jerawat yang muncul disebabkan oleh makanan yang dikomsumsi. Menurut Elliott Weiss, M.D., seorang dermatologist dari Laser & Skin Surgery Center of New York, beberapa penelitian terbaru memaparkan bahwa makanan yang kaya gula dan mengandung susu beserta olahannya akan menjadi pencetus jerawat. Tetapi bila seseorang mengonsumsi sayur dan buah segar, gandum utuh, termasuk daging tanpa lemak, maka jerawat tidak akan menghampiri. Namun, jika jerawat sudah terlanjur datang, makanan berikut ini bisa membantu dalam menyembuhkan jerawat.

Pilih merica sebagai pengganti cabai

Makanan pedas termasuk dalam kategori makanan yang mampu memperparah jerawat. Namun, jika Anda penyuka pedas, cobalah untuk mengganti cabai dengan merica. Thyme, rosemary, dan mint bisa menjadi pilihan bumbu masakan yang ramah pada jerawat Anda. Untuk sementara, jangan dulu mengonsumsi masakan padang dan mulailah untuk memasak sendiri hidangan yang akan Anda makan.

Mentimun

Mentimun adalah sayur yang cocok untuk meredakan jerawat. Kandungan airnya yang banyak akan membantu menetralisir racun dari dalam serta memberi efek dingin menyegarkan. Jerawat Anda yang sedang meradang bisa terbantu dengan mengonsumsi timun.

Yogurt

Susu dan produk olahan lainnya memang bisa memperparah jerawat. Namun tidak dengan yogurt. Yogurt telah mengalami proses probiotik, yang dapat membantu mencegah bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat dari dalam tubuh. Pilih greek yogurt untuk hasil terbaik dalam konsumsi sebanyak 1 – 2 kali sehari. Olah dalam bentuk smoothie yang dicampur dengan blueberry, selain lezat, kaya antioksidan.

Kerang dan Tiram Segar

Untuk makanan jenis seafood, sebaiknya hindari dulu udang goreng mentega. Lebih baik pilih kerang-kerangan atau tiram segar saat jerawat sedang datang. Produk laut ini dikenal sebagai makanan kaya vitamin dan seng untuk mengontrol hormon penyebab jerawat. Agar kandungan mineral tidak hilang, kerang dan tiran lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar.

Dark Chocolate

Kandungan cathecin sebagai antioksidan yang tinggi akan melindungi kulit dari polutan dan radikal bebas. Pilih dark chocolate yang tidak dicampur dengan susu. Anda bisa memakannya langsung atau dilelehkan dan dimakan sebagai celupan strawberry segar atau dicampur dengan oatmeal.

Air mineral

Saat kulit berjerawat, maka Anda harus banyak meminum air mineral untuk meredakan radang dan membuat kulit lebih kenyal. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon atau mentimun, bisa juga beberapa helai daun mint.

Jangan lupa mengkonsumsi makanan diatas agar jerawat cepat hilang.

Leave a Reply