Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, dalam menjalani ibadah puasa diperlukan tubuh yang fit dan sehat agar ibadah tetap lancar. Salah satu cara agar tubuh tetap fit adalah dengan asupan makanan saat sahur dan buka. Saat sahur, pasti orang-orang cenderung malas dan lebih memilih makanan instan. Sedangkan saat berbuka, Anda pasti ingin melahap semua makanan yang ada. Bukankah seperti itu ? Namun, perlu diketahui bahwa beberapa makanan berikut ini sebaiknya dihindari saat sahur dan buka karena pertimbangan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Makanan mengandung santan
Makanan yang bersantan seperti soto babat, gulai, opor ayam dan lainnya memang terlihat nikmat untuk dijadikan menu buka puasa. Tapi hati-hati makanan bersantan apalagi dengan jeroan di dalamnya mengandung banyak lemak yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Makanan pedas
Penting menjaga kesehatan terlebih saat sedang berpuasa, Anda pasti ingin menjalani ibadah suci ini dengan kondisi tubuh sehat. Bagi Anda pecinta pedas, kurangi kadar dan intensitas kepedasannya dalam makanan Anda, karena dinding lambung sangat sensitif terhadap rasa pedas. Mengurangi rasa pedas terutama saat sahur dapat menghindarkan Anda dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Soda
Saat berbuka, minuman soda dan minuman dingin lainnya memang nikmat dan melegakan dahaga. Meskipun menyegarkan namun minuman bersoda dapat menimbulkan dehidrasi juga memicu penyakit maag juga memperparahnya. Untuk mengganti minuman bersoda sebaiknya Anda mengonsumsi jus buah.

Nah, itu dia daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari agar tetap lancar dalam menjalani ibadah puasa ini.

Leave a Reply