Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, Sebagian orang masih sulit membedakan antara smoothies dan jus. Walaupun mungkin Anda sering mengkonsumsinya, tahukah Anda perbedaan smoothies dan jus ? .Banyak orang juga masih bertanya-tanya, mana yang lebih sehat antara smoothies dan jus. Untuk mengetahui mana yang lebih sehat, simak dulu perbedaan keduanya.

Smoothies lebih pekat
Meskipun terbuat dari bahan yang sama, tetapi penampilan smoothie lebih pekat seperti milk shake (susu kocok). Sementara itu jus lebih encer karena mengalami proses penyaringan. Dalam smoothies serat yang terdapat dalam buah dan sayur relatif lebih banyak daripada dalam jus. Kandungan nutrisi yang terikat dengan serat tersebut juga masih terjaga. Selain itu serat yang tinggi juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Smoothies lebih lama teroksidasi
Anda mungkin sudah pernah mendengar kalau jus harus segera diminum karena kandungan nutrisi di dalamnya akan segera teroksidasi begitu bersentuhan dengan udara terbuka. Nah, salah satu kelebihan smoothie dibandingkan jus adalah serat dan nutrisi di dalamnya relatif lebih lambat mengalami proses oksidasi, jadi kandungan nutrisinya juga terjaga lebih lama.

Smoothies dapat memperlambat proses penyerapan gula
Karena smoothies mengandung serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jus, maka minuman ini bisa memperlambat proses penyerapan gula oleh tubuh.

Lebih praktis
Karena cara pembuatan smoothies yang sangat mudah, minuman ini cocok untuk mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sendiri.

Lebih berenergi
Smoothies terbuat dari paduan buah, sayur, dan bahan makanan yang mengandung protein serta lemak sehat seperti spirulina, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak kelapa. Sementara jus biasanya hanya dibuat dari sayuran dan buah saja. Karena itulah smoothies bisa memberikan asupan energi yang dibutuhkan tubuh melebihi jus.

Nah, itulah perbedaan antara smoothies dan jus buah biasa. Dari perbedaan diatas, Anda pasti sudah bisa mengetahui mana yang lebih sehat diantara keduanya.

Leave a Reply