Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, saat bulan ramadan seperti sekarang, perubahan pada kulit akan terjadi seiring dengan ibadah puasa yang kita jalankan. Wajar selama puasa kulit akan terasa kering karena tidak mendapat cukup air. Nah untuk itu nutrisi untuk menjaga kelembaban kulit juga harus diperhatikan. Berikut ini beberapa makanan yang mampu menolong kelembaban kulit saat berpuasa

Tomat
Tomat kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Vitamin A dan C yang banyak terkandung dalam tomat juga dapat memberi nutrisi pada kulit dari dalam. Jus buah tomat yang Anda nikmati saat berbuka puasa tak hanya segar, tetapi juga menyehatkan.

Bayam, Brokoli dan Wortel
Anda mudah menemui tiga sayuran tersebut, harganya juga tidak mahal, tetapi jangan remehkan khasiatnya. Ketiga sayur tersebut memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat membantu regenerasi kulit. Buatlah menu sahur atau menu berbuka selang-seling dari ketiga sayur tersebut. Jus wortel bisa menjadi pilihan minuman berbuka yang menyegarkan.

Gandum Utuh
Daripada makan mie instan ketika sahur, pilih produk yang mengandung gandum utuh, misalnya roti, oatmeal instan atau sereal. Produk yang terbuat dari gandum utuh cocok sebagai menu sahur. Selain mengandung serat yang tinggi, produk gandum utuh mengandung selenium yang dapat membantu sel memperbaiki regenerasi kulit. Jika Anda memilih sereal gandum, pilih yang tidak mengandung gula atau sedikit gula, terlalu banyak gula bisa menyebabkan jerawat.

Daging Merah Tanpa Lemak
Anda boleh saja menikmati berbagai hidangan lezat dengan bahan dasar daging merah, misalnya rawon atau soto daging yang nikmat saat berbuka puasa. Pilih daging merah tanpa lemak, zat besi yang ada di dalam daging merah dapat mencegah timbulnya lingkar hitam pada mata.

Susu Rendah Lemak
Jika Anda tidak memiliki masalah jerawat, mengonsumsi susu rendah lemak baik untuk memberi nutrisi kulit. Kalsium yang terkandung pada susu baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Batasi konsumsi susu jika Anda sering menghadapi masalah jerawat, karena beberapa ahli kulit menemukan bahwa konsumsi susu bisa membuat kulit mengalami radang pada beberapa orang.

Air Putih
Yang paling penting, pastikan Anda mendapat asupan cairan yang tepat walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Tubuh tetap memerlukan cairan yang didapat dari setidaknya 8 gelas air setiap hari. Dehidrasi tak hanya membuat Anda sulit berkonsentrasi, tetapi juga mengambil kelembaban kulit dan menjadikannya kering. Cicil 8 gelas air ini saat sahur dan berbuka.

Tetap beribadah, tetap sehat dan pasti selalu cantik. Selamat berpuasa

Leave a Reply