Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Manfaat Kecantikan yang Tersembunyi Dari Buah Asam, tips cantik, manfaat asam ,manfaat buah asam, manfaat buah asam untuk kecantikan, manfaat buah asam untuk rambut, manfaat buah asam untuk kulit, cara mencerahkan kulit secara alami, cara mencerahkan kulit dengan bahan alami, cara alami mengangkat sel kulit mati, cara alami menghaluskan kulit, cara melembabkan kulit secara alami, cara menghaluskan kulit dengan bahan alami, cara alami mencegah rambut rontok, cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Sahabat Biutifa, masyarakat Indonesia tentu sudah kenal akrab dengan buah ini, buah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Buah asam kaya akan berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, antioksidan, karoten, serta mineral seperti magnesium dan potasium. Selain sehat untuk dikonsumsi, buah ini juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan. Asam cocok untuk meremajakan dan menyehatkan kulit dan rambut. Seperti dilansir oleh StyleCraze, berikut ini manfaat tersembunyi dari buah asam untuk kecantikan.

Mencerahkan kulit
Daging buah asam yang sudah dilumatkan dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan warna kulit. Rendam 30 gram daging buah asam dalam 150 ml air panas selama 10 menit, kemudian saring. Campurkan asam dengan setengah sampai satu sendok teh bubuk kunyit atau air kunyit. Oleskan secara merata pada kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih dengan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan lebih sehat bercahaya.

Anda juga bisa membuat ramuan masker asam dengan cara mencampurkan satu sendok teh air asam segar dengan satu sendok teh lemon dan madu. Pakai campuran masker ini pada wajah Anda dan bersihkan setelah didiamkan selama 15 menit.

Mengangkat sel sel kulit mati
Buah asam adalah sumber AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau asam laktat yang banyak dipakai pada produk-produk perawatan kecantikan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati ini penting untuk memperbarui kulit yang sudah rusak dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan muda. Selain itu eksfoliasi juga penting untuk membersihkan kotoran yang menyumbat hingga ke dalam pori-pori kulit.

Untuk membuat scrub dari asam, Anda tinggal mencampurkan satu sendok teh daging buah asam lumat dengan satu sendok teh garam dan 1 sendok makan susu full cream atau yogurt. Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah Anda. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama 5 sampai 7 menit. Setelah itu bilas kulit dengan air.

Melembabkan dan menghaluskan kulit
Vitamin dan mineral dalam buah asam efektif untuk melembapkan dan menghaluskan kulit Anda. Vitamin C di dalamnya akan menjadikan kulit lebih sehat, lembut, dan kenyal. Untuk mendapatkan manfaat moisturizer ini Anda bisa memanfaatkan air rebusan asam sebagai lulur.

Siapkan semangkuk air rebusan dari 15 gram asam yang sudah didinginkan. Tambahkan 2 sendok teh bubuk teh hijau. Oleskan secara merata ke kulit Anda. Biarkan hingga mengering, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Mencegah rambut rontok
Di India asam dikenal sebagai bahan untuk memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok. Untuk mendapatkan rambut yang kuat Anda bisa mencoba merendam segumpal asam dalam air selama 10 menit. Pakailah air rendaman tadi untuk cream bath. Oleskan cairan di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut di kulit kepala.

Gunakan handuk panas untuk menutupi rambut dan kulit kepala. Diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas secara menyeluruh. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu untuk mencegah rambut rontok.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari asam untuk kecantikan, Anda tertarik untuk mencoba perawatannya dirumah ?

Leave a Reply