Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, bermasalah dengan kesehatan gigi tentu membuat kita tidak nyaman, selain merasakan sakit kita juga harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengobatinya ke dokter gigi. Tapi, sebenarnya perawatan gigi tak semuanya serba mahal. Bahan alami yang jauh lebih murah sudah banyak digunakan untuk mengobati keluhan sakit gigi. Apalagi akhir-akhir ini santer terdengar bahwa minyak kelapa mampu mengobati beberapa masalah gigi. Seperti dilansir oleh Health Me Up , berkumur dengan minyak kelapa sehari sekali diklaim bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan gigi.

Mencegah gigi berlubang
Mulut kita selalu dipenuhi oleh bakteri sepanjang waktu. Bakteri inilah yang menjadi penyebab munculnya plak dan menyebabkan gigi berlubang. Sementara menggosok gigi dan melakukan flossing bisa mengurangi plak yang terbentuk pada gigi, namun berkumur dengan minyak kelapa direkomendasikan untuk mencegah gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkap bahwa berkumur dengan minyak kelapa sehari sekali bisa mengurangi jumlah mutan bakteri streptococcus pada gigi selama dua minggu.

Mencegah gingivitis
Gingivitis adalah penyakit gusi yang disebabkan oleh bertambahnya plak di antara gigi. Jika dibiarkan, ini bisa menyebabkan gigi berdarah dan tulang yang rusak. Berkumur dengan minyak kelapa terbukti bisa mengatasi dan mencegah gingivitis hingga 60 persen jika dibandingkan dengan menggosok gigi dan flossing.

Mencegah bau mulut
Bau mulut atau halitosis adalah masalah wajar yang seringkali dialami banyak orang dan bisa memalukan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengunyah mint atau permen. Namun ini hanya bisa mengatasi masalah sementara. Berkumur dengan minyak kelapa diketahui bisa mengatasi masalah ini lebih baik daripada hanya mengunyah mint.

Itu dia beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan gigi, meski masih temuan baru namu tidak ada salahnya Anda mencoba, karena ini merupakan bahan alami yang tanpa efek samping.

Leave a Reply