Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, tentu sangat tidak nyaman saat perut terserang diare, Anda harus menahan rasa sakit serta harus bolak balik ke toilet. Diare biasanya disebabkan karena makanan pedas dan asam yang terlalu banyak dikonsumsi. Namun sebenarnya tidak susah untuk mengobati diare. Cara instannya hanya dengan meminum obat diare, tapi jika Anda ingin mengobatinya secara alami, berikut ini, ada 8 cara alami yang bisa dilakukan pada penderita diare seperti dirangkum dari health.howstuffworks.com

Selalu penuhi cairan tubuh
Saat diare, dehidrasi merupakan momok yang menakuti penderitanya. Pasalnya, dehidrasi pun bisa menjadi penyebab penyakit yang lebih parah, bahkan yang hingga berujung kematian pun tak jarang.

Yogurt
Utamakan yogurt yang mengandung bakteri baik yang bisa masuk ke dalam tubuh dan bisa melindungi usus Anda dari dalam. Saat diare pun yogurt tetap akan membantu melindungi dengan menghasilkan asam laktat yang bisa membunuh bakteri nakal dan Anda pun dapat segera segar kembali.

Beristirahat
Jangan remehkan istirahat, karena terkadang kasus diare pun dapat sembuh hanya dengan membiarkan skenario berjalan sebagaimana seharusnya. Bisa jadi tubuh Anda sedang mencari cara untuk mengeluarkan yang tidak berguna dari tubuh Anda.

Hindari beberapa makanan
Makanan yang dinilai kurang baik bagi penderita diare adalah susu, keju, dan produk-produk susu lainnya, kecuali yogurt yang cukup baik untuk diare. Selain itu, makanan atau minuman yang mengandung banyak gula juga patut dihindari karena bisa memperparah diare.

Teh Chamomile
Teh dari jenis bunga yang satu ini baik untuk mengatasi pembengkakan atau masalah usus. Dengan cukup meminum 3 kali sehari diare Anda akan segera membaik.

Makan kentang
Kentang yang direbus, bukan kentang goreng cukup baik untuk membuat perut Anda kenyang tanpa menyakitinya. Tapi ingat, tidak perlu ditambahkan gula atau garam. Wortel juga bisa dicoba untuk makanan Anda saat diare.

Konsumsi buah Bluberi
Buah ini banyak dikonsumsi di Swedia untuk mengatasi masalah pada perut. Buah yang kaya dengan anthocyanosida yang mengandung antioksidan dan antibacterial dapat menerjang habis bakteri penyebab diare.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa Anda lakukan saat terserang diare. Selamat mencoba 😉

Leave a Reply