Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, lebaran sebentar lagi, tidak terasa hampi satu bulan kita lalui pada bulan Ramadan ini. Salah satu tradisi saat lebaran adalah mudik. Mereka yang bertempat tinggal di kota selalu menyempatkan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya. Tentunya, banyak yang harus dipersiapkan menjelang mudik lebaran. Mulai dari perlengkapan pribadi, kendaraan, tiket dan lainnya. Yang paling utama tentunya mempersiapkan kesehatan karena akan melakukan perjalanan jauh namun dalam keadaan puasa. Nah agar mudik lebaran Anda tetap nyaman, lancar tanpa harus membatalkan puasa Anda, ini dia tipsnya

Tidur cukup pada malam harinya
Usahakan tidur minimal 6 hingga 8 jam sebelum melakukan perjalanan. Tidur cukup akan membuat tubuh Anda tetap fit dan tidak lemas. Ini juga penting bagi Anda yang mengemudi, tidur cukup pada malam harinya membantu Anda tetap fokus mengemudi tanpa rasa kantuk.

Tetap sahur
Karena Anda mudik dalam keadaan berpuasa, usahakan tidak melupakan sahur. Dengan makan sahur akan memberi energi pada tubuh. Walaupun islam sudah memberi keringanan untuk tidak berpuasa selama melakukan perjalanan, namun jika dengan persiapan yang baik maka Anda pun bisa mudik dan tetap lancar puasa.

Pilih makanan bergizi
Saat sahur atau bila berbuka di perjalanan, pilih makanan bergizi agar tubuh tetap fit dan berenergi. Saat sahur sebaiknya hindari makanan yang bisa menyebabkan perut kembung seperti buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur. Pilih makanan dengan sumber karbohidrat dan protein.

Minum cukup air
Di masa mudik seperti ini, pastilah Anda akan dihadapkan pada macet selama perjalanan. Agar terhindar dari dehidrasi, disarankan mengkonsumsi cukup air mineral saat sahur. Selain air mineral, Anda bisa memilih buah-buahan.

Sempatkan berolahraga
Sebaiknya sempatkan untuk berolahraga 3 hari sebelum melakukan perjalanan. Anda bisa jogging selama 30 menit setelah sahur. Olahraga akan membuat tubuh Anda tetap fit dan merenggangkan otot-otot. Karena saat mudik tentu Anda akan banyak duduk dan tidak banyak bergerak.

Itu dia tips yanga bisa Anda lakukan agar mudik tetap lancar tanpa mengganggu ibadah puasa.

Leave a Reply