Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, banyak orang melakukan berbagai program diet untuk menurunkan berat badan mereka. Tak sedikit yang dari mereka malah mengalami kegagalan. Namun, sebenarnya diet bukanlah satu satunya jalan untuk memangkas bobot Anda. Cara cara yang terdengar aneh berikut ini, justru bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Berusaha untuk selalu gembira
Studi dalam Journal of Consumer Psychology menemukan bahwa orang yang cenderung bersemangat dan gembira menjalani kegiatan sehari-hari cenderung memilih makanan bergizi. Hal ini dipengaruhi oleh suasana hati seseroang.
Menguyah dengan lambat

Makan dengan lambat akan menurunkan nafsu makan, karena makan dengan lambat akan membuat orang menjadi lebih peka apakah mereka masih lapar atau sudah kenyang. Sedangkan mengunyah makanan dengan lambat akan meningkatkan asupan air liur dan memperngaruhi biologis yang menentukan berapa banyak orang makan.

Ngemil buah
Mulai sekarang cobalah mengganti camilan yang biasa Anda makan dengan buah-buahan. Pilih buah yang mengandung banyak serat karena buah tersebut akan dicerna lebih lama sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar.
Para peneliti menemukan bahwa buah dari golongan berri bisa mencegah kenaikan berat badan, menjaga kadar gula darah.

Biasakan mencatat apa yang Anda makan
Mungkin ini terdengar aneh dan lucu, tapi biasakan membuat diari makanan dengan menuliskan apa saja yang sudah Anda asup selama sehari. Atau sesudah mengonsumsi sesuatu segera tuliskan di diari itu. Dengan begini, Anda akan terbantu untuk mengontrol asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Cukup tidur
Penelitian dari University of Coloradi mengungkapkan orang yang mendapat waktu tidur minimal lima jam sehari selama hari kerja bisa terbantu menurunkan berat badan sekitar 0,9 kg. Kurang tidur bisa mengganggu metabolisme tubuh. Sehingga saat pagi hari Anda tidak merasa fit dan dalam kondisi seperti itu seseorang cenderung ingin mengonsumsi makanan manis dan asin.

Minum susu setiap hari
Peneliti di Nutrition Institute at the University of Tennessee menemukan menambah tiga porsi susu untuk menurunkan berat badan signifikan mengurangi asupan kalori Anda. Ditambah bonus tercukupinya kebutuhan kalsium.

Seperti diketahui, kalsium yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran lemak. Sebaiknya, pilih susu rendah lemak atau yang mengandung conjugated linoleic acid (CLA) untuk membakar lemak dalam tubuh lebih banyak.

Anda masih kurang percaya ? coba dan buktikan sendiri πŸ˜‰

Leave a Reply