Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Memang makanan khas Indonesia yang satu ini sudah melekat di hati banyak orang. Nasi yang digoreng dalam minyak ditambah bumbu, kecap dan disempurnakan dengan daging iris, telur, atau sayur. Waduh bayanginnya saja sudah enak.

Tetapi pernahkah kamu khawatir tentang jumlah kalori yang terkandung dalam nasi goreng yang sedang kamu nikmati?

Bahan dasarnya karbo, diolahnya dengan minyak. Duuuuh..

Ditambah lagi jika kamu sedang diet sehat. Rasanya harus berjuang mati-matian untuk menahan diri dari godaan nasi goreng. Eit tidak harus menyiksa diri seperti itu. Disini ada tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat sajian nasi goreng yang rendah kalori, lebih sehat namun tetap lezat. Yuk langsung saja kepoin tips-tips berikut ini.

Gunakan nasi kemarin atau yang sudah didiamkan semalaman. Berani coba? 

Nasi kemarin memiliki kandungan kalori 60% lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang baru matang. Kabar gembira untukmu yang menghindari kalori berlebih. Jika nasi yang baru matang langsung dimakan akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh. Glukosa ini jika tidak langsung dibakar akan disimpan sebagai lemak. Sementara jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resisten yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Ini berarti kalori tidak akan bertambah.

Perlu dicatat, jika ingin mengonsumsi nasi kemarin, kamu harus memerhatikan cara memasak dan menyimpannya. Jika tidak, akan menimbulkan bahaya salah satunya bakteri. Nah salah satu cara memasak yang dianjurkan adalah menambahkan sedikit minyak kelapa setelah air mendidih sebelum beras dimasukkan dalam panci. Penambahan minyak kelapa juga akan membuat nasi kemarin tidak terlalu lengket dan memproduksi lebih banyak pati resistan dalam nasi. Setelah matang dan dingin, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam. Sesimpel itu kan.

tips memasak, memasak sehat, nasi goreng sehat, nasi goreng rendah kalori, menu rendah kalori, menu sehat, memasak, kreasi memasak

Gunakan minyak, bukan mentega atau margarin

Mentega dan margarin memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi daripada minyak goreng biasa. Jadi jika ingin nasi goreng buatanmu rendah lemak, gunakan minyak goreng biasa dan baru ya. Kamu juga bisa menggunakan wajan anti lengket sehingga tidak perlu menggunakan minyak dalam jumlah banyak.

Tambahkan banyak sayur 

Imbangi menumu yang dominan karbohidrat dengan menambahkan sayur sebagai serat. Kamu bisa menambahkan sayur sawi, kol, wortel, kacang polong atau sesuai selera. Selain nasi gorengmu lebih kaya bisa, menambahkan berbagai sayuran juga bisa mempercantik sajianmu ya!

Gunakan bumbu ulekan sendiri

Walaupun sedikit menyusahkan, namun bumbu ulekan sendiri memang lebih sedap yang ladies. Cukup dengan bawang merah, bawang putih, garam, cabai atau dengan menambahkan kemiri atau terasi agar lebih gurih. Sebisa mungkin hindari penggunaan bumbu instan dan penyedap rasa. Sebagai gantinya, protein seperti telur dan ikan bisa kamu tambahkan untuk memperkuat cita rasanya.

Selamat mencoba! Tetap perhatikan komposisi, kandungan dan cara pengolahannya ya untuk menghasilkan nasi goreng yang sehat dan konsumsilah secukupnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply