Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Mencapai jiwa yang kuat maka harus didukung tubuh yang sehat pula. Anak-anak terutama usia 4 – 6 tahun memang terlihat aktif dan senang bermain. Banyaknya aktivitas ini mengharuskan kita untuk selalu memerhatikan pola hidupnya, seperti; pola makan dan gizi, kebersihan, kebugaran dan sebagainya. Berikut beberapa tips untuk membantu parents menjaga pola hidup anak agar tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan sehat.

1. Menjaga pola makan
Kesampingkan makanan yang kurang sehat seperti junk food, makanan manis, minuman kemasan dan sebagainya. Beri anak menu sehat yang mengandung banyak nutrisi berupa protein, serat, karbohidrat dan lemak sehat. Beri sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak dan jangan sampai berlebihan.

2. Olahraga
Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga akan membantu tubuh lebih kuat, melawan obesitas dan mendorong pertumbuhan otot. Pada saat yang bersamaan, aktivitas fisik akan mendorong hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang. Gerakan peregangan akan membantu memperpanjang persendian dan memperbaiki postur tubuh anak sehingga terlihat lebih tinggi.

3. Anak memiliki waktu tidur yang cukup
Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental anak. Hormon pertumbuhan akan berkembang selama anak tidur. Dengan demikian, kekurangan waktu tidur akan membuat tubuh anak tidak mendapatkan cukup waktu untuk berkembang dan memulihkan diri.

4. Asupan cairan yang cukup
Cairan sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh menjadi optimal.

6. Menjaga kebersihan dan kerapian badan
Pastikan lingkungan bersih agar anak terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat. Jauhkan dari polutan berbahaya, seperti asap rokok dan sebagainya. Membiasakan anak untuk mandi dua kali sehari, menggosok gigi, memotong kuku, menyisir rambut, berpakaian dengan rapi dan hal-hal yang menunjang kerapian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.