Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, sebagian hijabers pasti mengalami masalah pada rambutnya, seperti rambut rontok, berketombe dan lainnya. Ini karena seringnya rambut ditutup oleh hijab. Namun,walaupun memakai hijab, Anda juga tetap bisa mendapatkan rambut sehat nan cantik. Nah, untuk mengatasinya kenali dulu penyebab rambut rontok berikut ini

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Di antaranya pemakaian sampo yang tidak tepat, sering dikuncir, atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu.Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc yang terkadang dijumpai pada vegetarian. Ketegangan atau stress dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

Nah, ini dia tips untuk mengatasinya

  • Keramas secara teratur
  • Rajin menyisir rambut 3 kali sehari. Karena dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  • Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  • Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  • Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut.
  • Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  • Jangan biarkan rambut terikat terus. Sesekali biarkan rambut terurai.
  • Hindari memakai kerudung atau jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.

Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

Nah ladies walaupun rambut Anda tertutup oleh hijab, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan rambut agar rambut tetap sehat dan tidak rontok.

Leave a Reply