Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Rutinitas perawatan kulit memang bukanlah satu-satunya jalan agar kamu memiliki kulit yang sempurna. Terbukti pilihan diet yang tepat juga menjadi syarat utama.

Girls mungkin saat ini kalian masih gagal mengenali beberapa jenis makanan yang justru berbahaya untuk kulit indahmu. Untuk itu Biutifa merangkumnya disini.

Godaan makanan memang sulit untuk dihadapi apalagi jika makanan tersebut adalah favoritmu. Catat, beberapa jenis makanan di bawah ini memberikan respon buruk pada kulitmu seperti; jerawat, penuaan dini, kulit kusam dan sebagainya. No pain no gain, ya! Meski sekarang kamu merasa kulitmu sudah mulus dan sehat, informasi ini tetap layak untuk kamu simak.

Tepung-tepung 

Memang banyak makanan lezat yang terbuat dari bahan satu ini. Namun ternyata bahan yang mengandung gluten tinggi menjadi biang masalah jerawatmu loh. Makanan yang mengandung gluten tinggi umumnya adalah tepung terigu, sereal, roti, gandum dan pasta yang bisa menjadi penyebab terbesar dari peradangan dalam tubuh dan keluar ke permukaan sebagai jerawat. Dan gluten tertinggi ada pada gandum! Cobalah untuk mengurangi makanan olahan berbahan pati-patian.

meski praktis, cobalah ganti menu sarapanmu via https://pixabay.com

Produk susu

Konsumsi susu atau produk susu yang terlalu sering dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat dan komedo loh. Adanya hormon pada susu dapat merangsang produksi sel-sel kulit penyumbat pori sehingga dua hal itu bisa terjadi.

Meski produk susu kaya sumber mineral dan vitamin tetapi kamu bisa membatasinya atau dengan menggantinya dengan pilihan lain yang lebih sehat untuk tubuhmu. Ini demi menghindari dampak buruk yang terjadi dan menjaga kemulusan kulit wajahmu.

yummy sih, tapi jangan berlebihan ya via https://pixabay.com

Gula

Kita memang tidak bisa jauh dari yang manis-manis dengan mengabaikan fakta bahwa gula hanya menambahkan kalori dalam tubuh tanpa adanya nutrisi lain. Gula menyebabkan pencernaan bekerja dengan keras dan juga menyebabkan lonjakan gula darah. Gula juga menyebabkan radang. Yaps, seperti diulas di atas radang pemicu munculnya jerawat dan ruam kulit. Akibatnya kulit menjadi kusam. Kadar gula yang terkandung dalam darah juga menyebabkan kerutan dan kendur pada kulit. Serem! Ayo batasi konsumsi gula.

yang manis memang belum tentu baik kan? via https://pixabay.com

Kopi

Siapa sih yang bisa nyantai tanpa ditemani secangkir kopi. Minum kopi saat nongkrong sudah menjadi lifestyle. Sayangnya kopi mendorong produksi dan pelepasan hormon kortisol. Tingginya hormon ini cenderung menyebabkan kerusakan kulit seperti ruam kulit, kusam, garis-garis halus bahkan kerutan. Info tambahan kopi termasuk bahan diuretik – yang dapat mengeluarkan air dari tubuhmu sehingga kulitmu menjadi kering, mengerut dan terlihat kusam. Untuk kalian pecinta kopi, cobalah bertahan mengurangi konsumsi kopi dan imbangi dengan minum air mineral.

nongkrong ditemani segelas jus sehat, berani coba? via https://pixabay.com

Kentang goreng

Kentang goreng memiliki lemak tidak sehat yang memperlambat peredaran darah. Akibat sirkulasi yang lambat ini menyebabkan pori-pori menyumbat dan menyebabkan jerawat. Jerawat memungkinkan bakteri masuk, kulit menjadi kering, gatal dan kusam. Camilan lain seperti keripik (kentang atau ketela) atau jenis karbohidrat olahan lain menyebabkan inflasi yang menimbulkan stres oksidatif DNA dan kolagen. Hal ini memicu kulitmu menjadi keriput.

bertahanlah dari godaan kentang goreng dan sejenisnya via https://pixabay.com

So..

Terbukti, kulit selalu mengirimkan pesan pada pilihan makanan yang kamu pilih. Jangan sampai usaha treatmentmu sia-sia ya. Buatlah pilihan makanan yang baik untuk kulitmu!

 

Reference: https://www.naturalnewsblogs.com

Leave a Reply