Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, pernahkan Anda merasa bahwa hidup Anda hanya dipenuhi oleh rasa depresi dan stres yang berkepanjangan ? tentu itu akan menjadi pengganggu hidup Anda. Depresi dan stres bisa menjadi penyebab hidup Anda tidak bahagia. Dilansir dari mindbodygreen.com, ada setidaknya 5 hal yang bisa menjadi penyebab utama atau akar dari depresi yang Anda alami saat ini. Tak heran jika ada banyak orang yang mudah sekali depresi karena mereka sudah mengabaikan lima hal ini.

Hubungan Sosial
Mengisolasi diri akan membuat Anda sering merasa tertekan atau depresi. Hubungan sosial terbukti menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan depresi. Ketika Anda sudah terlalu lama mengabaikan hubungan sosial atau sekadar bertemu dengan orang-orang banyak, risiko Anda untuk terkena depresi akan semakin meningkat. Saat Anda merasa bahwa Anda mulai merasa tertekan, cobalah untuk menghubungi seorang sahabat dan luangkan waktu untuk mengobrol bersama.

Kualitas Tidur
Pernah merasa bahwa Anda bisa sangat sensitif dan mudah marah ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup? Rasa lelah sangat mempengaruhi suasana hati dan fungsi kognitif Anda. Yang lebih parah lagi, depresi itu bisa membuat kualitas tidur jadi memburuk. Jadi kualitas tidur yang buruk dan depresi itu seperti lingkaran setan. Salah satu solusinya adalah cobalah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan buatlah jadwal yang pasti kapan Anda harus tidur dan bangun. Jika Anda sulit tidur, carilah kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda seperti membaca buku atau sekadar mandi berendam dengan air hangat.

Olahraga
Olahraga memiliki kaitan yang sangat erat dengan tingkat depresi yang dialami seseorang. Tak perlu membayangkan diri Anda harus pergi ke tempat fitnes atau bergabung dengan atlet profesional untuk bisa olahraga. Luangkan saja waktu setidaknya 20 menit sehari untuk sekadar jalan-jalan santai atau melakukan yoga.

Waktu Bermain
Siapa bilang orang dewasa tidak boleh bermain? Justru terlalu sibuk bekerja dan tidak mengistirahatkan pikiran sama sekali itulah yang justru bisa membuat Anda mudah depresi. Carilah kegiatan yang bisa membuat Anda merasa santai dan tidak tertekan. Bekerja terus-terusan sepanjang hari mungkin terlihat baik karena Anda bisa memanfaatkan waktu produktif Anda dengan maksimal. Tapi, berilah hak tubuh dan pikiran Anda untuk bersantai. Hadirkan jiwa kanak-kanak dalam hidup Anda agar Anda bisa menjalani hidup dengan lebih positif lagi.

Makna Hidup
Setiap manusia memerlukan makna atau setidaknya tujuan dalam hidup agar bisa bahagia. Menurut Viktor Frankl, kita bisa menemukan makna hidup ini melalui pekerjaan, hubungan antar manusia, kegiatan belajar, hobi, spiritualitas, dan sebagainya. Rasa depresi itu kerap hadir dan muncul saat Anda merasa bahwa Anda sudah tak lagi memiliki makna hidup dalam diri Anda. Kehilangan tujuan atau makna hidup bisa membuat Anda merasa tersesat. Cobalah temukan kembali nilai, impian, harapan, dan cita-cita dari dalam diri Anda. Setidaknya dengan memiliki sebuah pegangan, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan saat Anda mulai merasa depresi atau mengalami sesuatu yang buruk.

Nah, itu dia 5 hal yang sebaiknya tidak Anda sepelekan, agar hidup Anda tidak terganggu dengan rasa depresi yang berkepanjangan.

Leave a Reply