Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

tips merawat jilbab, tips merawat hijab, tips merawat jilbab agar tidak rusak, tips merawat jilbab agar awet, tips merawat jilbab agar tidak rusak karena jarum, tips merawat hijab agar tetap awet karena pemakaian jarum

Sahabat Biutifa, kreasi jilbab saat ini sudah sangat beragam, berbagai jenis dan bentuk jilbab juga sering dijumpai dipasaran. Ada juga yang sudah mulai meninggalkan jilbab instan, dan memilih jilbab segi emapat atau pashmina agar lebih mudah untuk dikreasikan. Anda pernah menghitung banyaknya jarum yang Anda gunakan dalam satu kreasi hijab ? Pernahkan Anda bermasalah dengan jilbab Anda yang rusak karena jarum ? Untuk menghindari hal itu, berikut ini ada sedikit tips untuk Anda agar jilbab Anda tidak rusak karena pemakaian jarum.

Bagaimana cara menghindari resiko lubang-lubang pada jilbab ini? Pertama, periksa bahan jilbab Anda dengan sedikit menegangkan bagian jilbab. Apabila jilbab tersebut menunjukkan pori-pori besar (biasanya pada bahan rajut viscose), maka hindari menggunakan peniti. Karena peniti selain memiliki batang jarum lebih tebal, juga berpotensi membuat benang-benangnya tersangkut pada peniti dan sulit diurai.

Hindari menggunakan peniti untuk menyemat lipatan yang terlalu tebal karena bisa menimbulkan lubang lebih banyak. Karena itu, gunakan kreasi hijab yang lebih simpel. Selain itu, sesuaikan ukuran peniti dengan kekuatan bahan jilbab. Jangan menggunakan peniti ekstra besar untuk jilbab chiffon karena akan membuat lubang besar yang tak enak dilihat saat digunakan.

Untuk menggunakan bros, sebaiknya pelajari jenis peniti yang digunakan. Kadang bros tertentu menggunakan peniti yang tidak terlalu umum dan menyulitkan kita dalam memasangnya di jilbab. Kalau salah pilih bros, jilbab juga bisa rusak karena berlubang. Sementara untuk menggunakan jarum pentul, hindari jarum pentul yang bengkok atau berkarat. Jarum pentul demikian tidak hanya merusak bentuk jahitan karena karat yang kasar tapi juga bisa meninggalkan noda.

Itu dia tips sederhana yang bisa dilakukan agar hijab Anda tidak rusak karena jarum

Leave a Reply