Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Kamu merasa sudah melakukan perawatan kulit dengan maksimal namun kulitmu masih saja terlihat kusam? Girls, nutrisi untuk kulit saja tidak cukup, kamu harus mengimbanginya dengan kebiasaan hidup yang baik pula. Kemungkinan salah satu atau beberapa kesalahan di bawah ini adalah penyebabnya. Yuk dapatkan kembali kulitmu yang berseri dan tampak sehat.

Kamu mengalami dehidrasi – begitu pula kulitmu 

Tammie Umbel, founder Shea Terra Organics menyatakan bahwa dehidrasi menurunkan volume aliran darah ke kulit sehingga membuat kulit tampak pucat dan tidak berseri. Dehidrasi epidermal kulit ditandai dengan timbulnya garis-garis halus. Lebih parah lagi jika terjadi dehidrasi epidermal maupun dermal (kulit dalam) menyebabkan penipisan dermis hingga menyebabkan keriput.

So, perbanyaklah minum air mineral minimal jumlah yang dianjurkan jika kamu tidak ingin terlihat kusam bahkan keriput. 

Jaga kulitmu tetap terhidrasi via https://www.pexels.com

Kamu terlalu stres

Stres yang kamu alami juga memainkan peran besar dalam penampakan kulitmu. Stres menyebabkan peningkatan hormon kortisol. Pelajari lebih lanjut tentang hormon ini. Penting untuk mengendalikan tingkat emosional agar kinerja hormon kortisol pada tubuh tetap optimal.

Don’t be stressful, you’re great!

Kamu butuh tidur yang cukup, girls

Girls, apapun yang membuat kamu harus begadang, faktanya ini tidak baik untuk kulitmu. Tidur adalah waktu restoratif tubuh, saat sel kulit memperbaiki diri dan beregenerasi. Jika waktu tidur ini terlalu pendek maka sel kulit tidak dapat melakukan optimalisasinya, menyebabkan perubahan peredaran darah termasuk lingkaran mata hitam, pucat, kulit kering, bersisik, kurang terhidrasi dan perubahan produksi minyak dan pengelupasan sel kulit.

Mengerikan! Ayo perbaiki pola tidurmu. 

Lingkungan berpolusi 

Selain kebiasaan buruk, lingkungan juga berpengaruh besar dalam eksistensi kulitmu. Polutan udara dan paparan sinar UV merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan kulit. Jika kebetulan kamu lebih sering beraktivitas di luar, imbangi dengan berolahraga secara rutin. Aerobik meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang membantu pertukaran nutrisi dan pengangkatan toksin dari sel kulit.

Reschedule, tambahkan aerobik atau gym pada daftar rutinitasmu dan bersiaplah melihat perbedaan besar. 

Asap rokok 

Yap, asap rokok juga menyerang kulit cantikmu baik dalam jangka pendek maupun panjang. Zat karsinogenik sangat merugikan integritas dan struktur kulit, menyebabkan kerusakan kolagen, membuat kulit tampak pucat, licin dan berkerut dari waktu ke waktu.

Girls, hati-hati dengan yang satu ini. 

Pemakaian makeup matte 

Hindarilah makeup yang terlalu banyak mattifying dan remover yang mengandung alkohol.

Cobalah beralih pada gentle cold cream dan remover yang sekaligus moisturizing pada saat yang bersamaan. 

hindari makeup matte via https://www.pexels.com

Sering makan makanan kurang sehat

Pepatah kuno mengatakan, “Kamu adalah apa yang kamu makan”, and i think you’ll agree with this. Hindari makanan asin dan olahan karena meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Jangan terlalu panik, masih banyak makanan di luar sana yang bisa memanjakan lidah dan perutmu.

Cobalah blueberry yang kaya antioksidan, cranberry, kacang merah. Jangan lupa alpukat, kenari, jeruk dan kiwi yang banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan kolagen. 

lakukan diet sehat via https://www.pexels.com

Reference: http://www.goodhousekeeping.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.