Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, telur sering disebut-sebut makanan super karena kandungan nutrisinya. Selain itu sebutir telur juga dilengkapi dengan nutrisi dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, fosfor, dan selenium. Dengan kandungannya itulah telut bisa menjadi sumber protein harian Anda, dan tentunya juga meyehatkan tubuh. Namun, selain untuk kesehatan, tentu Anda juga sering mendengar produk perawatan kecantikan menggunakan telur, terutama untuk masker. Ya, telur memang memiliki manfaat untuk kecantikan terutama untuk wajah dan rambut. Lalu, apa saja manfaat telur untuk kecantikan ? Dilansir oleh Style Craze, simak penjelasannya berikut ini

Meringkas pori-pori
Protein dalam putih telur cocok untuk membersihkan kulit sekaligus membantu memperkecil pori-pori yang besar. Untuk mendapatkan khasiat ini, buatlah masker dari campuran telur, madu, dan minyak zaitun. Campurkan satu sendok teh madu dan minyak zaitun dengan satu butir telur. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher kemudian bilas dengan air hangat setelah didiamkan 10-15 menit.

Mengencangkan kulit
Putih telur sebagai masker akan bekerja untuk menghaluskan kulit dan berfungsi mencegah penuaan dini. Anda bisa mendapatkan manfaat anti-penuaan tersebut dengan menggunakan facial wash buatan sendiri dari putih telur. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya. Kocok putih telur sampai berbusa. Oleskan pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah mengering, cuci wajah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin dan Anda akan mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda.

Mendinginkan kulit
Putih telur juga efektif sebagai tonik untuk merawat dan mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari. Nutrisinya dapat mencegah peradangan dan meredakan luka bakar. Pakailah masker dan lulur putih telur pada wajah dan kulit tubuh yang terbakar sinar matahari.

Menjadikan kulit cerah
Benar sekali, putih telur juga efektif untuk menjadikan kulit wajah lebih cerah dan sehat. Anda tinggal mengoleskan putih telur mentah di wajah. Diamkan hingga kering, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

Menyehatkan rambut
Telur yang kaya akan gizi akan menjadikan rambut lebih berkilau dan lembut. Telur cocok untuk dijadikan kondisioner alami bagi rambut yang rusak atau kering. Buat masker rambut dengan mengombinasikan telur dengan bahan-bahan lain seperti jus lemon dan minyak zaitun. Oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas rambut hingga bersih.

Namun, sebelum mencoba perawatan diatas, pertimbangkan dulu apakah kulit Anda termasuk kulit sensitif atau alergi. Selain itu, jangan lupa untuk memilih telur yang telah dipasteurisasi dan dicuci bersih sebab telur mentah yang tidak terjaga kebersihannya dan bisa membawa bakteri salmonella.

Leave a Reply