Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Masih berbicara The Terrible Two. Jangan takut menghadapi masa-masa ini, yuk terus ikuti tips di bawah ini.

Living Area Setup

Sediakan rak kecil pula di ruang keluarga untuk mainan mereka. Bila perlu, ada satu set meja dan kursi kecil untuk dia berkreativitas (lengkap dengan crayon dan kertas gambarnya) atau tempat dia bermain. Jangan segan-segan untuk mengajaknya bermain di luar, terutama permainan yang indentik dengan ‘kekacauan’.

Dining Area Setup

Anak sangat mungkin untuk bisa diajak makan bersama keluarga. Ajaklah anak mengambil piring kemudian memilih makanan yang dia inginkan.
Parents juga bisa membuat suatu kreativitas, gambarlah sebuah piring, garpu, sendok dan gelas di atas mejanya sebagai panduan dia meletakkan peralatannya. Lucu bukan?

Material Montessori / “Toys”

Buku selalu merupakan keharusan bagi setiap tahap perkembangan anak. Pemilihan buku juga penting diperhatikan. Buku dengan cerita panjang belum cocok untuknya. Pilih buku yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Buku yang realistis dan banyak gambar sangat direkomendasikan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya.

Practical Life

Jangan heran jika anak-anak mulai ingin membantu dalam pemeliharaan lingkungan. Mereka ingin sekali meniru aktivitas yang orang dewasa lakukan seperti menyapu, mengepel, membersihkan debu.
Terdengar seru sih walaupun malah membuat kita tambah ‘repot’. Hmm namanya juga bayi yang bertingkah dewasa.

Care for Self

Contoh sederhananya, mereka ingin berpakaian sendiri atau bahkan memakai sepatu sendiri. Yaps saat yang tepat untuk mengajarkan kemandirian anak sejak dini.

Hand Washing

Saat kita menunjukkan cara mencuci tangan, pastikan tempat dan bahan mudah diakses oleh anak. Kerjakanlah secara bersama-sama prosedur mencuci tangan (dengan sabun) dari awal sampai akhir (sampai tangan kering kembali).

Care for the Environment

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak ingin turut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. Maka dari itu parents bisa nih menyediakan sapu ukuran kecil, kain pel dan semacamnya dan biarkan mereka seolah-olah ‘membantu’ kita.

Food Preparation

Ini salah satu hal yang tidak kalah seru. Ajak anak untuk menyiapkan makanan. Kegiatan ini bisa dilakukan di meja dapur atau di tempat lainnya.

Language

Ledakan bahasa sering terjadi saat anak menginjak umur 2 tahun. Anak mulai bicara dalam bentuk kalimat dan kosa kata mereka pun meningkat hingga 10x lipat. Tugas kita adalah mendukung memperkaya kosa kata mereka dengan Bahasa yang benar. Anak-anak meniru kata/kalimat yang kita katakan, jadi kita wajib berhati-hati.

Nah akhirnya setelah part 3, selesai sudah review kita kali ini. Montessori bukan hal yang rumit kan. Saya sih setuju semua dengan prosedur di atas. Bagaimana dengan Anda?

Baca pula menjadi orangtua kreatif itu mudah 

source : dailymontessori.com

 

Leave a Reply