Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Anda dapat membantu anak untuk melatih keterampilan matematika dasar dengan aktivitas seru tanpa sadar bahwa dia juga sedang belajar. Anda dan anak bisa melakukannya di dalam rumah atau di sekitar rumah. Belajar dasar penjumlahan, pengurangan, membilang angka dan mengenal bentuk akan terasa menyenangkan.

Kenali dahulu gaya belajar anak, apakah visual, auditori atau kinestetik. Hal ini akan memuluskan misi Anda untuk melatih skill matematikanya.

Anak dengan gaya belajar visual

Bermain game pola. Misalnya, potong menjadi dua jenis anggur hijau dan merah kemudian berikan pada anak. Mungkin ini akan merepotkan tetapi bisa memudahkan dia juga saat memakannya. Anda hanya perlu menyiapkan 2 buah piring kemudian mintalah dia mengaturnya dalam pola yang berbeda, seperti; “ungu, hijau, ungu, hijau” atau “hijau, hijau, ungu, hijau, hijau”. Cari pula pola di alam seperti bentuk dan warna daun. Bisa juga dengan mengenalkan hal-hal yang sifatnya berpasangan seperti mata dan telinga. Hal ini akan mengembangkan pemikiran abstraknya.

Memahami konsep berat. Mintalah anak untuk memilih barang yang ada di dapur. Saat bersamaan Anda mengambil barang lainnya dan mintalah dia untuk menganalisis benda mana yang lebih berat atau yang lebih ringan. Timbanglah kedua benda tersebut untuk membuktikannya.

Anak dengan gaya belajar auditori

Berikan sebuah lirik lagu. Pilih lagu yang ada konsep berhitung/menghitung atau Anda bisa improvisasi. “Balonku ada 5, rupa-rupa warnanya, meletus balon hijau, dor!….. balon tinggal 4… Setiap lirik dengan konsep menghitung akan memperkenalkan dasar penjumlahan dan pengurangan. Teruslah bernyanyi bersama karena bernyanyi sambil belajar terasa sangat menyenangkan.

Tebakan. Permainan ini cocok untuk mengisi kekosongan saat di perjalanan misalnya. Ajak anak untuk memikirkan angka 1 – 10. Mulailah dengan mengajukan pertanyaan, seperti: “Adakah angka antara 3 dan 5?” dan “Apakah lebih besar dari 6?”. Berikan reward saat dia mampu menjawab dengan benar.

Anak dengan gaya belajar kinestetik

Dadu atau permainan kartu. Lemparlah sepasang dadu dan tanyakan kepada anak angka mana yang lebih besar dari keduanya. Anda juga bisa bermain perang kartu. Seorang yang memiliki kartu dengan angka lebih tinggi akan menang. Ini adalah cara bagus untuk mengenalkan konsep “lebih besar dari” dan “lebih rendah dari”.

Buka toko. Berikan label harga pada kotak biskuit, kotak sereal, kotak susu atau sejenisnya kemudian letakkan pada meja rendah yang mudah dijangkau anak. Berikan sejumlah uang kepada anak dan biarkan dia berkeliling “toko” untuk membeli barang sesuai yang diinginkan. Dia harus membayarnya pada kasir dengan uang yang dia bawa. Anda dan anak bisa saling bertukar peran. Selain meningkatkan keterampilan matematika anak juga dapat mengenali konsep jual beli dengan mata uang.

Mengukur tinggi badan. Gunakan pita pengukur untuk mengetahui tinggi badan setiap anggota keluarga. Jangan lupa ambahkan “centimeter/cm” pada setiap hasil pengukuran.

Permainan papan/monopoli/ular tangga. Permainan ini menggunakan konsep berhitung dan penggunaan mata uang. Hal ini bagus untuk melatih kemampuan matematikanya.

 

Have fun!

Leave a Reply