Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ya, seorang Ayah juga bisa menjadi tertekan setelah kelahiran bayinya. 1 dari 10 Ayah menderita depresi pascakelahiran atau postnatal depression (PND). PND kemungkinan besar akan mulai dalam tiga bulan sampai enam bulan setelah kelahiran bayi, meskipun bisa dimulai lebih awal atau lebih lambat dari ini. Seperti seorang Ibu, Ayah membutuhkan dukungan, dorongan, kepastian, dan tempat yang aman untuk mengatasi masalah mereka.

Apa yang dirasakan ayah tidak sama dengan baby blues yang dirasakan ibu beberapa hari pasca melahirkan. Baby blues pada Ibu terkait dengan perubahan hormonal setelah melahirkan, dan biasanya meningkat secara cepat. Sedangkan pada Ayah, ada beberapa faktor yang memengaruhi perasaan depresi, yang paling umum adalah:

  • takut menjadi seorang Ayah. Hal ini mungkin dipicu oleh kekhawatiran tentang tanggung jawab baru Anda dan hilangnya kebebasan Anda
  • kekhawatiran materi. Anda mungkin merasa tertekan mengenai biaya finansial dalam keluarga dan mengelola penghasilan tunggal
  • kegelisahan tentang peran baru. Anda mungkin khawatir apakah Anda akan menjadi ayah yang baik. Jika Anda memiliki kenangan yang tidak menyenangkan dari masa kecil, mungkin akan terangsang oleh kedatangan bayi Anda.

Jika pasangan Anda memiliki PND, ini akan membuat Anda lebih mudah merasa tertekan juga. Stres yang makin memburuk disebabkan pria tidak selalu terdorong untuk membicarakan perasaannya atau berbagi ketakutan dengan orang lain. Anda mungkin merasa harus “menganggapnya seperti pria” dan “hanya menghadapinya”.

Sayangnya, menyimpan perasaan Anda atau mencoba mengatasinya sendiri justru membawa dampak buruk bagi psikis Anda. Meski awalnya sulit, cobalah untuk berbicara dengan pasangan Anda. Bicara tentang perubahan dalam hidup Anda dan lihat apakah Anda dapat menemukan cara untuk saling mendukung. Anda juga bisa mencoba berbicara dengan anggota keluarga atau teman tentang segala hal yang memicu kekhawatiran Anda. Anda lebih cenderung mendapatkan dukungan dan perspektif yang lebih jelas sehingga membuat Anda merasa lebih baik.

Beberapa kasus, Ayah juga dapat mengalami depresi serius. Jika hal ini terjadi setelah beberapa minggu maka segera menemui seorang profesional. Tanda-tandanya adalah;

  • merasa lelah, cemas, putus asa
  • terobsesi dengan keuangan
  • mulai menarik diri dari keluarga
  • mudah tersinggung atau tidak toleran
  • kehilangan minat untuk melakukan hal yang biasa dinikmati

Ingat bahwa Anda juga berhak mendapat perhatian tambahan dan perhatian selama masa transisi ini, jadi jangan takut untuk memintanya.

Leave a Reply