Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Penelitian membuktikan bahwa minyak ikan baik untuk perkembangan otak dan mata anak. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, terutama DHA dan EPA. Sumber omega 3 tertinggi ditemukan pada ikan seperti; salmon, tuna segar, sarden, makerel, trout dan lain-lain. Setidaknya anak harus mengonsumsi salah satu ikan tersebut satu kali dalam seminggu. Namun bagaimana jika anak malas atau bahkan tidak mau makan ikan?

Jika anak tidak mengkonsumsi salah satu dari jenis ikan tersebut maka sebaiknya dialihkan dengan makanan lain. Omega 3 dapat ditemukan juga pada telur, susu, kedelai, roti, sereal dan margarin namun tentu dengan kandungan DHA dan EPA yang tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa menawarkan tuna kalengan namun ingatlah bahwa sebagian besar lemak esensial dikeluarkan selama proses pengalengan. Jika anak termasuk vegetarian, Anda bisa menggunakan minyak kedelai untuk memasak atau minyak kenari dan minyak zaitun yang cocok untuk salad dressing.

Asupan omega 3 yang dibutuhkan anak rinciannya adalah anak 1-2 tahun: 1 ons, 3-6: 1,5 ons dan di atas 6 tahun: 2 ons. Jika kebutuhan omega 3 anak tidak bisa terpenuhi dari makanan segar maka suplemen adalah alternatif terakhir. Tips berikut dapat membantu Anda.

Gunakan suplemen yang berasal dari daging ikan, bukan hati. Minyak ikan hati mungkin mengandung racun atau kadar vitamin A yang sangat tinggi, yang tidak baik untuk balita. Suplemen yang mengandung minyak mikroalga cocok untuk diet vegetarian.

Periksa dosis pada paket dan jangan beri lebih dari jumlah yang disarankan. Terlalu banyak minyak dapat mengakibatkan sakit perut atau diare.

Suplemen cair paling cocok untuk anak-anak di atas dua tahun. Suplemen kapsul memungkinkan anak tersedak. Tawarkan suplemen pada waktu makan dan mulailah dengan dosis rendah. Anda dapat memberinya secara bertahap sampai dosis yang direkomendasikan. Jika balita tidak suka meminumnya secara langsung, Anda bisa mencampurnya dengan susu atau jus encer.

Jika anak memiliki catatan medis, penting untuk meminta saran dari dokter umum atau spesialis sebelum memulai perawatan apapun. Jika Anda juga memberinya suplemen vitamin A dan D, hati-hati penggunaannya. Memberi suplemen minyak ikan di atas suplemen vitamin yang disarankan, dia mungkin mengandung terlalu banyak vitamin A. Dosis maksimum vitamin A harian yang aman untuk anak-anak antara satu tahun dan tiga tahun adalah 800 mikrogram (mcg).

Leave a Reply