Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Masa transisi menjadi sosok orangtua baru memang tidak mudah untuk dilalui. 70 – 80% Ibu mengalami baby blues yang ditandai adanya gangguan mood pasca melahirkan. Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk tetap berenergi  dan bahagia menjadi sosok ibu baru.

Istirahatlah saat ada kesempatan

Kurang tidur akan membuat hari Anda lebih sulit dilalui. Cobalah untuk tidur selama bayi Anda tertidur pula. Jika tidak, Anda juga bisa bersantai di sofa sambil minum minuman hangat bersama pasangan Anda.

Makan makanan seimbang dan sehat

Makan secara teratur menjaga stamina Anda tetap stabil. Slow-release karbohidrat sangat disarankan, seperti; roti gandum, pasta, beras merah. Hindari lemak jenuh dalam makanan seperti; mentega, makanan siap saji, keju padat. Pilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan alpukat.

Konsumsilah makanan kaya protein, seperti; daging tanpa lemak dan ayam, ikan, telur, kacang-kacangan dan lentil. Cobalah untuk mentargetkan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, termasuk dua porsi oily fish seperti salmon.

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik dan membantu Anda merasa lebih baik. Ini juga akan membantu mencegah konstipasi pascakelahiran.

Anda bisa bergabung dengan healthy eating club, konsultasi ahli gizi dan sebagainya untuk mendapatkan saran tentang membuat pilihan makanan sehat.

Sulit untuk menemukan waktu memasak saat Anda memiliki bayi. Usahakan makanan yang bergizi, tapi mudah disiapkan. Cobalah untuk tidak ngemil makanan manis. Kacang, hummus atau sepotong buah adalah pilihan yang lebih baik daripada coklat.

Relaks

Yoga adalah pilihan bagus untuk menjaga agar otot tetap terkendali.

Olahraga

Sisihkan waktu untuk berolahraga karena baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda juga memberi Anda lebih banyak energi. Ini memicu pelepasan hormon endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Anda dapat memulai beberapa latihan perut dan panggul yang ringan sampai Anda memiliki hasil pemeriksaan pascakelahiran untuk siap memulai latihan berat. Lakukan hal ini dengan seorang profesional atau instruktur.

Cobalah berjalan-jalan dengan bayi Anda dengan kereta bayi atau gunakan babywearing. Hal ini dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Mintalah seorang teman atau kerabat yang tepercaya untuk menemani bayi Anda sementara, sehingga Anda bisa beristirahat sejenak.

Komunikasi

Cobalah untuk mengingat bahwa penyesuaian pada Anda sebagai orang tua baru juga akan terjadi pada pasangan Anda. Berbagilah perasaan dengan pasangan Anda. Lepaskan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dan ingatkan satu sama lain tentang hal-hal yang ingin dicapai.

Leave a Reply