Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, saat Lebaran tiba, seringkali kita tidak bisa mengontrol pola makan, dengan segala sajian makanan lebaran yang tersaji biasanya akan membuat Anda lebih banyak makan. Ketupat, opor ayam, sambal goreng dan lainnya pasti tersaji saat Hari Raya tiba, yang rata-rata makanan tersebut mengandung santan dan lemak tinggi.

Jangan biarkan tubuh langsing Anda jadi menggemuk usai libur lebaran ini, agar bisa tetap sehat dan langsing, ikuti tips mudah berikut ini

Minum air putih lebih banyak
Meminum banyak cairan akan bantu menghilangkan racun serta menghentikan keinginan untuk ‘ngemil’ makanan tak sehat. Biasanya keinginan tersebut hanya akan berlangsung selama 4 sampai 12 menit dan kemudian segera hilang seusai Anda meminum segelas air.

Mengalihkan perhatian
Selama liburan panjang, tubuh hampir terbiasa dengan pola makan baru. Jika Anda merasa ingin memakan kue-kue, coba alihkan perhatian dengan hal lain. Mengalihkan perhatian terhadap makanan dengan berolahraga dapat membantu Anda mengurangi kelebihan berat badan setelah liburan.

Kurangi kopi
Kopi merupakan minuman diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan sistem imun.

Banyak bergerak
Cobalah mengubah rutinitas dengan melakukan aktivitas lain yang setara dengan kegiatan olahraga Anda. Misalnya, memarkir mobil sedikit lebih jauh saat di kantor, atau membersihkan rumah yang berantakan. Kunci untuk mengurangi kelebihan berat badan adalah dengan meningkatkan aktivitas sepanjang hari.

Tidak menambah porsi makan
Setelah Lebaran, selama seminggu porsi makan Anda menjadi lebih banyak, maka akan susah untuk mengubahnya dalam sehari. Makanlah dengan porsi yang sama, tetapi ganti setengahnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Sepiring nasi dan sayur akan menjadi kombinasi yang sehat untuk tubuh Anda.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat dan langsing usai libur lebaran. Selamat Mencoba

Leave a Reply