Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Sahabat Biutifa, wudhu atau thaharah adalah hal yang wajib di lakukan ketika kita akan beribadah. Namun, tahukan kalian bahwa wudhu memiliki banyak sekali menfaat untuk kehidupan kita. Hal sederhana yang kita lakukan namun memiliki banyak manfaat jika kita sering melakukannya. Melalui gerakan gerakan wudhu yang kita lakukan dan air untuk wudhu. Apa saja manfaat dari air wudhu? Yuk kita simak penjelasan berikut.

Membuat wajah menjadi cerah 

Manfaat wudhu yang pertama adalah akan membuat kulit wajah menjadi cerah , salah satu gerakan wudhu adalah membasuh kulit wajah tentunya hal ini akan membersihkan debu dan kotoran yang melekat pada kulit wajah selain itu akan melemaskan otot-otot wajah sehingga akan membuat kulit tidak cepat kriput.

Refleksi

Berudhu ternyata dapat menyentuh  pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar , hal ini telah diteliti oleh Prof Leopold Werner von Ehrenfels peneliti berkebangsaat Austria.

Mengugurkan Dosa

Manfaat wudhu selanjutnya ialah sebagai penggugur dosa-dosa , hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Muslim “Barangsiapa berwudhu dengan baik maka akan keluarlah dossa-dosa dari tubuhnya sampai ada yang keluar dari bawah kukunya”.

Menormalkan detak jantung

Ahmad Syauqy Ibrahim dalam sebuah penelitiannya   mengatakan : “Para pakar sampai kepada kesimpulan: Pencelupan anggota tubuh ke air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung.

Mencegah kanker kulit

Manfaat wudhu ini dijelaskan dalam buku yang berjudul  “Prayers a Sport for the Body and Soul” dimana dijelaskan bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker kulit adalah banyaknya bahan kimia yang menempel pada kulit, dengan berudhu akan membuat bahan kimia tersebut larut dengan air.

Selain untuk membersihkan hadas wudhu juga memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, itulah sebabnya Rasullah senantiasa mengingatkan kita untuk menjaga wudhu kita.

Nah itu dia manfaat wudhu bagi kehidupan. Hal sederhana yang di perintahkan oleh Allah namun berjuta manfaat. Sungguh Maha Besar Allah SWT. Keep istiqomah dear.

CTA BARI-07 CTA BARI-06 CTA BARI-03 CTA BARI-05 CTA BARI-04

CTA BARI-01

Leave a Reply