Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Tetap Sehat dengan Tetap Olahraga Selama Puasa, olahraga yang cocok saat puasa, tips sehat, tips sehat selama puasa, jenis olahraga yang cocok untuk puasa, waktu yang tepat berolahraga saat puasa, olahraga selama puasa, pilihan olahraga saat puasa, diet saat puasa, manfaat berolahraga saat puasa, waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, Ulasan Khusus Olahraga Saat Puasa

Sahabat Biutifa, olahraga saat puasa juga harus sesuai dengan waktu. Waktu untuk olahraga biasanya dilakukan saat sore menjelang berbuka. Nah, agar Anda lebih bersemangat berolahraga, berikut ini beberapa tipsnya

Sahur Mendekati Imsak

Selain dianjurkan dalam ajaran agama, sahur mendekati waktu imsak juga berguna memperpendek masa kekosongan perut. Pilihlah menu sahur yang sehat dengan tetap mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein. Cara ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari saat beraktivitas.

Berolahraga Menjelang Berbuka

Untuk mencegah dehidrasi, jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu di sore hari sebelum berbuka. Awali dengan 20 menit menjelang berbuka, kemudian tambahkan 30 menit di hari berikutnya dan seterusnya secara bertahap. Sehingga saat tubuh memerlukan tambahan nutrisi, Anda bisa mengisinya langsung saat berbuka.

Jangan Lupa Pemanasan Dan Pendinginan

Melakukan pemanasan dan pendinginan bisa membantu mengurangi cedera, apalagi dalam kondisi tubuh berpuasa. Mulailah dari alat atau gerakan-gerakan yang ringan kemudian naikkan bebannya secara bertahap.

Istirahat Cukup di Malam Sebelumnya

Berolahraga di bulan puasa akan menguras banyak energi. Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, Anda harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat berolahraga.

Jangan Menunda Waktu Berbuka

Bila sudah masuk waktu berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang saat berolahraga. Makanan tinggi protein sangat dianjurkan untuk mencegah penyusutan otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Nah, olahraga bisa menjadi alternatif untuk menunggu waktu berbuka kan ?

Leave a Reply