Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Ruam atau bintik merah pada kulit bayi memang hal yang wajar terjadi. Hal ini karena kulit sensitif bayi sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Kebanyakan ruam tersebut tidak berbahaya dan dapat segera disembuhkan. Berikut adalah beberapa ruam yang sering terjadi pada kulit bayi.

Biang Keringat

Biang keringat ini biasanya terjadi pada bagian leher, wajah, punggung atau bokong bayi. Ciri-cirinya kulit kemerahan, terdapat gelembung-gelembung kecil dan disertai dengan rasa yang gatal. Penyebab biang keringat ini bisa beragam, seperti udara yang panas dan polah si bayi.

biang keringat / source: http://nohealthnolife.net

Tips: jaga kondisi kulit anak tidak dalam kondisi lembab dan gunakan pakaian longgar yang berbahan katun.

Eksim 

Eksim ini terjadi pada tubuh bayi mulai dari usia 3 sampai 4 bulan. Eksim ini sering disebut dengan eksema, atau dermatitis yaitu peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga pecah dan berisi air.

Tips: gunakan krim pelembab yang sangat dianjurkan, untuk menjaga suhu kulit agar tetap lembab dan tidak kering. Jika penyakit kulit ini berlangsung terus dan menjadi parah, segera hubungi dokter khusus kulit dan konsultasi secara bertahap

Intertrigo

Intertigo adalah jenis penyakit kulit yang muncul pada lipatan-lipatan kulit, seperti lipatan paha, lipatan ketiak. Ciri-cirinya kulit menjadi merah, gatal, juga perih jika terkena gesekan pada bagian tersebut. Penyebabnya karena kelebihan lipatan pada bayi dan juga kurangnya udara yang masuk ke sela-sela sehingga menimbulkan kelembaban.

Tips: bersihkan bagian lipatan tubuh bayi dengan air kemudian angin-anginkan.

Beberapa ruam atau bintik merah pada kulit bayi memang bukan penyakit berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan serius, namun sangat disarankan bila Anda memeriksakan perubahan yang terjadi pada kulit bayi ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

 

References:

http://www.alodokter.com

https://babyologist.com

Leave a Reply