Biutifa.com
Informasi Lifestyle Muslimah Syar'i & Stylish

Prinsip pendidikan di TK adalah bermain sambil belajar sekaligus mempersiapkan diri anak sebelum mengenyam Pendidikan sekolah formal yang sesungguhnya. Walaupun demikian hal ini kadang menjadi momok tersendiri bagi orangtua. Terutama jika TK adalah tempat belajar pertama anak (selain di rumah) dan tempat pertama mereka bersosialisasi dengan banyak teman baru. Cobalah lakukan tips-tips berikut ini, semoga bisa membantu.

Berikan gambaran menyenangkan tentang TK. Bangun persepsi yang baik terhadap anak. Orangtua bisa memberikan bayangan mengenai lingkungan TK yang sangat menyenangkan, misalnya bertemu dengan teman baru atau memainkan permainan bersam teman adalah hal yang seru.

Mengenalkan TK sedini mungkin. Sebaiknya orangtua mengajak anak untuk beradaptasi terlebih dahulu sebelum dia masuk ke TK secara resmi. Paling tidak orangtua bisa memberikan gambaran nyata tentang keadaan dan suasana TK.

Mengajarkan cara menyimak. Orangtua bisa mengajarkan anak cara menyimak dengan baik dengan cara membacakan buku kemudian meminta dia untuk menceritakan ulang. Tentu ini akan mudah jika anak sudah biasa dibacakan buku sejak batita.

Mengasah kemampuan motorik. Hal-hal dasar yang diajarkan kepada anak-anak di bangku TK adalah seperti menulis, mewarnai, menggambar dan sebagainya. Lakukan hal ini terus-menerus sebelum anak memasuki TK. Dengan begitu, saat di TK nantinya anak dengan mudah beradaptasi.

Mengajarkan sosialisasi. Ajarkan anak untuk bersosialisasi dengan baik. Mulailah dari yang paling sederhana, yaitu lingkungan sekitar rumah.

Merencanakan biaya Pendidikan. Jelas ini menjadi perhatian khusus dan harus dipersiapkan secara matang, agar proses pendidikan anak pun menjadi maksimal.

Leave a Reply